One comment on “Ekonomi

  1. Revrisond: Bank Dunia Ingin Masuk ke Urat Nadi Ekonomi RI
    JAKARTA (Jurnal): Ekonom Universitas Gajah Mada (UGM) Revrisond Baswir mengatakan bahwa sejarah di balik pro kontra soal lembaga keuangan mikro (LKM) adalah karena adanya keinginan lembaga keuangan internasional seperti Bank Dunia dan ADB untuk masuk ke urat nadi perekonomian nasional sampai ke perdesaan.
    “Apabila RUU LKM tersebut disahkan, maka pihak asing akan bias masuk ke ujung tombak perekonomian masyarakat,” katanya.
    Dia mengatakan bahwa lembaga keuangan internasional itu ingin masuk ke desa-desa dengan memberikan bantuan keuangan tetapi dengan persyaratan administrative yang ketat. Apabila LKM yang ada di perdesaan tidak bias memenuhi persyaratan itu, maka mereka akan membuat lembaga keuangan tandingan yang pada gilirannya akan membunuh LKM yang ada.
    Menurut dia, LKM yang ada di Indonesia banyak sekali antara lain berupa BMT, BPR dan sebagainya.
    Revrisond Baswir mengatakan bahwa UU Lembaga Keuangan Mikro ini, merupakan ‘proyek’ yang dibiayai oleh Bank Dunia. “Karena lembaga internasional itu ingin menguasai perekonomian Indonesia dari ujung kaki sampai ujung rambut,” katanya.
    Dengan masuk ke desa-desa, mereka akan membabat habis institusi keuangan yang ada di masyarakat dan menggantikannya dengan lembaga yang bisa memenuhi kepentingan mereka.
    “Sebenarnya perbankan swastya nasional—yang sebagian besar sahamnya sudah dikuasai asing—ingin masuk ke perdesaan. Namun karena demikian tangguhnya LKM yang ada, membuat mereka mengubah strategi dengan masuk melalui perundang-undangan,” katanya.
    Apabila lembaga perbankan sudah masuk sampai perdesaan, katanya, maka LKM yang sudah ada selama ini akan dengan mudah disingkirkan. (aGs/mAn)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s