Ribuan Warga Kota Purwakarta Antusias Ikuti Jalan Sehat dan Pesta Rakyat

Ribuan Warga Kota Purwakarta Antusias Ikuti Jalan Sehat dan Pesta Rakyat

PURWAKARTA, JURNAL IBUKOTA: Lebih dari 5.000 warga Purwakarta, Bandung dan sekitarnya di Provinsi Jawa Barat antusias mengikuti rangkaian kegiatan jalan sehat persembahan BUMN Hadir untuk Negeri (BHUN) yang bertajuk “Bahagia Bersama Jasa Marga, Perum Jasa Tirta (PJT) II, Bio Farma dan Len Industri”.

Kegiatan diselenggarakan oleh empat BUMN tersebut juga dalam rangka menyemarakkan HUT Kemerdekaan RI ke-74 tahun 2019 di Provinsi Jawa Barat.

Pada tahun ini, Kementerian BUMN menunjuk PT Jasa Marga (Persero) Tbk. sebagai koordinator utama yang didukung oleh ketiga BUMN lainnya untuk menyelenggarakan rangkaian BHUN Jawa Barat. Salah satu kegiatan BHUN 2019 di Jawa Barat adalah rangkaian kegiatan Jalan Sehat yang terdiri dari Jalan Sehat, Pasar Murah, Pengobatan Gratis, Lomba Masyarakat, Panggung Hiburan dan Pesta Kuliner untuk para peserta.

Jalan Sehat BHUN di Jawa Barat dipusatkan di Kawasan Grama Tirta Jatiluhur, Purwakarta. Turut hadir dalam kegiatan ini antara lain Asisten Deputi Usaha Energi, Logistik, Kawasan dan Pariwisata I Silvester Budi Agung, Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika, Direktur Utama Jasa Marga Desi Arryani, Direktur Utama PJT II U. Saefudin Noer, Direktur Sumber Daya Manusia & Umum Bio Farma Disril Revolin Putra dan Direktur Utama Len Industri Zakky Gamal Yasin, yang sekaligus bersama-sama mengibarkan bendera _start_, sebagai tanda pelepasan peserta jalan sehat. Tak hanya itu, keenamnya juga turut serta berada di antara lebih dari 5.000 warga yang mengikuti jalan sehat sepanjang 3,5 km tersebut.

“Kami keluarga BUMN berterima kasih atas seluruh pihak yang terlibat dalam penyelenggaraan acara ini termasuk para peserta yang bersama-sama merayakan 74 Tahun Kemerdekaan RI bersama kami, ” ujar Direktur Utama PJT II U. Saefudin Noer selaku tuan rumah acara Jalan Sehat, mewakili BUMN PIC dan Co PIC lainnya, saat menyambut para undangan dan peserta, Sabtu (18/8).

Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika turut menyemangati para peserta di garis _start_. “Semangat untuk para peserta yang akan mengikuti jalan sehat pagi hari ini, di dalam tubuh yang sehat, terdapat jiwa yang kuat. Itulah yang diharapkan kita semua, termasuk Pemerintah Indonesia, untuk mewujudkan SDM unggul,” timpal Anne.

Selain Jalan Sehat 3,5 km, BHUN di Provinsi Jawa Barat hari ini juga diramaikan dengan rangkaian kegiatan lainnya. Di antaranya adalah panggung hiburan yang menghadirkan artis nasional seperti Fitri Carlina dan Budi Cilok serta dilengkapi dengan sejumlah _doorprize_ menarik, mulai dari barang-barang elektronik hingga sepeda motor. Masyarakat juga dapat menikmati kuliner gratis dan terlibat langsung dalam aneka lomba, seperti panjat pinang, dan sebagainya.

Selain itu, juga dilaksanakan simbolis 1.000 paket dari total 4.000 paket pada kegiatan pasar murah yang dihadiri oleh warga setempat yang dapat membeli paket sembako dengan cukup membayar Rp. 25.000 dari harga paket sebenarnya Rp. 100.000. Acara juga semakin lengkap dengan kegiatan vaksinasi gratis yang diikuti oleh lebih dari 500 peserta.

Di tempat yang berbeda, sebanyak 300 orang warga setempat juga terlibat dalam kegiatan Padat Karya Tunai (PKT) Pembersihan Eceng Gondok di Desa Ciririt Kawasan Jatiluhur.

Dengan sinergi BUMN, di bawah koordinasi Jasa Marga sebagai PIC dan Bio Farma, PJT II serta Len Industri sebagai CO-PIC, kegiatan BUMN Hadir Untuk Negeri yang memasuki tahun kelima ini, diharapkan dapat memberikan kontribusi sebagai bukti nyata kehadiran BUMN dalam sendi-sendi kehidupan masyarakat Indonesia yang juga dapat memberikan manfaat langsung bagi masyarakat dan negara. (Agus)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s