Gallery

Tim Indonesia ke Kompetisi Matematika di India Raih 1 Emas, 3 Perak, 2 Perunggu dan 4 Merit

Tim Indonesia ke Kompetisi Matematika di India Raih 1 Emas, 3 Perak, 2 Perunggu dan 4 Merit

JAKARTA, JURNAL IBUKOTA: Tim Indonesia yang dikirim ke India International Mathematics Competition (InIMC) meraih satu medali emas, tiga medali perak dan dua medali perunggu dan 4 merit.

“Dengan medali dan merit sebanyak itu, tim Indonesia pada InIMC tahun 2017 memperoleh prestasi yang lebih baik dibandingkan dengan keikutsertaan tim Indonesia pada InIMC dua tahun sebelumnya yang fiadakan di Chiang Mai, Thailand pada 2016, di mana Tim Indonesia hanya meraih 2 medali perunggu,” kata Dirjen Dikdasmen Hamid Muhammad, ketika menyambut Tim Indonesia yang pulang dari InIMC di Bandara Soekarno-Hatta, Selasa (1/8/ 2017).

Kompetisi Matematika tingkat SD tersebut diadakan di City Montessory School, RDSO Campus, Lucknow, India pada 25-31 Juli 2017.

Menurut Hamid, siswa- siswi yang terpilih sebagai tim InIMC ini berasal dari anak-anak peraih medali Olimpiade Sains Nasional dan anak-anak yang memiliki potensi di bidang Matematika.

“InIMC tahun 2017 ini diikuti oleh 26 negara, yang terdiri dari 72 tim untuk jenjang sekolah dasar,” katanya.

Menurut dia, tim terdiri dari 12 siswa, 3 orang pembina Matematika dari Universitas Negeri Jakarta, dan 3 orang pendamping dari Direktorat Pembinaan SD.

“Jenis tes yang diujikan dalam kompetisi ini terdiri dari Individual Contest dan Team Contest untuk Key Stage II,” katanya.

Sedangkan pada event China International Mathematics Competition (CIMC) Tahun 2015 yang diadakan di Changcun, China, tim Indonesia meraih 1 medali emas, 1 perak dan 1 perunggu.

Tim InIMC Indonesia 2017 yang meraih medali emas adalah Jeanice Eliana Setyono (SDK 6 Penabur Jakarta Utara).

Sedangkan medali perak diraih oleh Hendy Sutono (SD Sutomo 1 Medan, Sumut), Darren Darwis Tanuwijaya (SDK 6 Penabur Jakarta Utara), dan Galih Nur Rizky (SDS Islam Al-Azhar 10 Serang, Banten).

Medali perunggu diraih oleh Maulana Satya Adigama (SD Muhammadiyah Sapen 1, Kota Yogyakarta, DIY), dan Reynard Suhada (SDK 6 Penabur, Jakarta Utara).

Sementara itu yang meraih medali merit (penghargaan) adalah Alifa Batrisya Nariswari (SD Muhammadiyah Sapen 1), David Shane Goh (SDS Kristen Penabur XI, Jakarta Barat), Nisrini Fathiyya Nugraha (SDIT Nurul Fikri Kota Depok, Jawa Barat dan Gregory edward Suryawan (SDK Tunas Dauud Kota Mataram, NTB).

Sedangkan yang belum beruntung mendapat medali/merit adalah Azfa Radhiyya Hakim (SD Islam Al-Fauzien Kota Depok, Jabar, dan Ramachandra Darmawan (SD Patra Dharma 3 Kota Balikpapan, Kaltim).

Menurut Hamid, hasil prestasi yang dicapai oleh tim Indonesia pada InIMC 2017 untuk ketegori Team Contest adalah Tim B mendapat First Runner Up. Untuk Group Contest, Tim A meraih Second Runner Uo dan Tim B meraih second Runner Up. (Agus)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s