Gallery

Presiden Jokowi akan Buka Pameran Lukisan Koleksi Istana Kepresidenan yang Berlangsung Hingga 30 Agustus

JAKARTA, JURNAL IBUKOTA : Presiden Jokowi pada 1 Agustus 2017 dijadwalkan akan membuka pameran lukisan koleksi Istana Kepresidenan RI bertajuk “Senandung Ibu Pertiwi” di Galeri Nasional Indonesia, Jakarta.

“Pameran akan dibuka secara resmi oleh Presiden Jokowi pada 1 Agustus dan berlangsung hingga 30 Agustus,” kata Mendikbud Muhadjir Effendy, dalam konferensi pers di Galeri Nasional, Jakarta, Senin (31/7/2017).

Dalam konferensi pers tersebut Muhadjir didampingi Dirjen Kebudayaan Hilmar Farid dan Kepala Badan Ekonomi Kreatif Triawan Munaf.

Menurut Muhadjir, judul pameran adalah Senandung Ibu Pertiwi yang dapat dimaknai sebagai Tanah Air, tempat kita dilahirkan dan berkarya bersama-sama.

“Pameran mempunyai tiga tujuan yaitu masyarakat dapat ikut menikmati karya para seniman kita di masa lalu yang berkualitas tinggi, untuk menunjukkan karya-karya unggulan seniman kita kepada komunitas internasional dan sebagai wujud komitmen pemerintah dalam pemeliharaan karya-karya unggulan dari masa lalu yang menjadi koleksi di Istana-istana Kepresidenan.

Menurut dia, jika dibandingkan dengan pameran tahun lalu yang menampilkan 23 lukisan dari 21 pelukis, pameran kali ini akan menampilkan 48 lukisan dari 41 pelukis yang dibuat antara abad ke-1c dan abad ke-20.

“Pameran juga akan menampilkan arsip dan dokumentasi yang terkait dengan materi pameran dan pemeliharaan koleksi Istana pada ruang khusus,” katanya.

“Kami juga akan menampilkan lukisan karya Makovsky, salah satu karya yang pernah dikonservasi pada 2004 yang akan ditampilkan melalui LED,” tambahnya.

Menurut Dirjen Kebudayaan Hilmar Farid, dari 48 lukisan tersebut dapat dibagi menjadi beberapa tema kecil yaitu :

Keragaman Alam (12 Lukisan) yang merupakan bagian dari daya tarik kepulauan Nusantara yang saat ini menjadi keunggulan wisata dunia.

Dinamika Keseharian (11 lukisan). Yang menggambarkan kehidupan sehari-hari dari kalangan masyarakat petani, nelayan, dan pedagang. Pemandangan umum pada masanya dan masih berjalan hingga kini.

Tradisi dan identitas (16 lukisan), mitologi dan religi. (Agus)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s