Gallery

Tabanan Pamerkan Produk Unggulan di Pesona Budaya Bali

Tabanan Pamerkan Produk Unggulan di Pesona Budaya Bali

JAKARTA, JURNAL IBUKOTA: Pemerintah Kabupaten Tabanan memamerkan produk unggulan daerahnya pada acara pesona budaya daerah Bali yang berlangsung di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) sejak hari Jumat (21/7) sampai Minggu (23/7).

Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti menjelaskan kegiatan tersebut memiliki tujuan untuk mengenalkan potensi Tabanan yakni pada sektor kerajinan tangan seperti tempat lilin, keramik, kerajinan pande besi, virgin coconut oil dan juga kuliner khas Tabanan.

“Dalam kegiatan ini, Kabupaten Tabanan menjadi pionir dalam mengenalkan produk kerajinan, kuliner dan atraksi budaya,” ungkap Ni Putu Eka Wiryastuti saat meninjau pameran di Anjungan Bali, Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur. Sabtu (22/7).

Bupati Eka juga menambahkan selain memamerkan produk UKM, ada beberapa pagelaran seni dan budaya yang ditampilkan, seperti Tari Maskot Kabupaten Tabanan “Tari Bungan Sandat Serasi”, Tari Bisuh “Bikul Rusuh”, serta pagelaran Fragmen Tari, Lakon “Wiroda Tan Mapahala Ayu” yang menceritakan seorang petani asal Jatiluwih.

“Untuk khas seni Tari, seni budaya bagi masyarakat Tabanan sendiri menjadi gudangnya seni. Di antaranya tari bungan sandat serasi yang merupakan simbol lumbung pangannya Bali. Kabupaten Tabanan selalu memberikan pengolahan dari hasil bumi yang siap dikonsumsi, seperti beras merah, kopi, kue Lak-lak, Kelepon dan lain sebagainya,” ujar Eka.

Ia juga berharap, dalam momentum gelaran budaya yang diadakan 10 tahun sekali ini dapat memberikan efek positif pada dunia budaya sehingga Tabanan lebih dikenal lagi, tak hanya di nusantara bahkan dunia internasional.

Pada acara turut dihadiri pula oleh beberapa artis seperti Indra Herlambang, Edies Adelia dan Chan Kelvin yang turut serta mempromosikan pagelaran seni, budaya dan pameran UKM tersebut.

Sementara itu, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Tabanan, Ida Bagus Made Wiriawan mengatakan ada tujuh produk unggulan Tabanan di pamerkan dalam pesona budaya Bali di Taman Mini Indonesia Indah (TMII). Produk Industri Tabanan yang tampil kali ini produk berorientasi ekspor seperti produk Keramik, kerajinan besi, pande besi, minyak virgin coconut oil (VCO), produk kain, lukisan, dan anyaman.

Lebihnya lagi, produk unggulan tersebut juga sudah diekspor ke berbagai negara seperti Australia, Jepang, Perancis dan lain sebagainya. “Dengan event-event seperti ini akan menjadi wadah bagi Pemkab Tabanan sebagai sarana Promosi baik di pasar lokal maupun nasional,” tandasnya. (Agus)

Advertisements
By jurnalibukota Posted in Daerah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s