Purwadi: RI Kembali Jadi Tuan Rumah International Phisics Olimpiad (IPhO) yang ke-48

Purwadi: RI Kembali Jadi Tuan Rumah International Phisics Olimpiad (IPhO) yang ke-48

JAKARTA, JURNAL IBUKOTA: Direktur Pembinaan Sekolah Menengah Atas Ditjen  Dikdasmen Purwadi Sutanto  mengatakan Indonesia kembali dipercaya untuk menjadi tuan rumah penyelenggaraan International Phisics Olimpiad (IPhO) yang ke-48.

“IPhO merupakan ajang olimpiade sains tertua dan terbesar setelah Olimpiade matematika yang mempertemukan anak-anak SMA terbaik untuk bertanding dalam penguasaan kompetensi bidang fisika,” kata Direktur Pembinaan Sekolah Menengah Atas (SMA) Purwadi Sutanto mewakili  Dirjen Dikdasmen Hamid Muhammad dalam konferensi pers di Jakarta, Jumat (14/7/ 2017).

Purwadi dalam konferensi pers tersebut didampingi Sekretaris IPhO 2017 Dr. Syamsu Rosyid, dan Kasubdit Peserta Didik Suharlan.

Menurut dia, IPhO yang ke-48 pada tahun ini akan diselenggarakan di Yogyakarta pada 16-24 Juli 2017 dan ini merupakan kali kedua Indonesia menjadi tuan rumah setelah pada 2002 pernah diselenggarakan di Bali.

“IPhO bertujuan untuk mendorong kecintaan siswa SMA terhadap fisika, mempromosikan kerjasama dan persahabatan internasional untuk membangun pendidikan fisika yang berkualitas,” ujarnya.

Menurut Purwadi, tema utama IPhO tahun ini adalah “I’m Phisics: Phisics for Peace, Phisics for 2019 Better Future of Life”.

“Tema ini sangat relevan dengan prioritas pembangunan pendidikan di Indonesia, yaitu penguatan pendidikan karakter. Semakin penting bagi kita untuk memberikan setiap siswa kesempatan belajar yang lebih luas agar mencintai ilmu pengetahuan, mengasah kompetensi dan membangun karakter sempurna sehingga mereka dapat beradaptasi dan peduli dengan situasi lingkungannya,” katanya.

Menurut dia, para siswa tersebut kemudian dapat belajar mengambil peran untuk bekerja sama ikut menjawab persoalan yang ada di dalamnya melalui ilmu yang mereka cintai dan kuasai.

“Akan tercipta harmoni dan masa depan kehidupan masyarakat yang lebih baik karena generasi muda berilmu dan berkarakter,” tambahnya.

Menurut Purwadi, perhelatan IPhO tahun ini akan diikuti oleh sekitar 650 peserta dari 86 negara.

“Selain kegiatan lomba berupa tes teori dan praktik, IPhO tahun ini di Yogyakarta juga akan diisi dengan kuliah umum dari Dr. Ilham Habibie yang akan berbicara tentang pemanfaatan ilmu fisika dalam pengembangan teknologi dan inovasi kedirgantaraan di Indonesia,” katanya.

Perhelatan ini, katanya, juga akan menjadi ajang pembuktian siswa- siswa terbaik Indonesia bisa bersaing dengan siswa lainnya dari seluruh dunia. (Agus)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s