Gallery

Hamid: PPDB yang Diselenggarakan oleh Pemda Wajib Secara Terbuka

Hamid: PPDB yang Diselenggarakan oleh Pemda Wajib Secara Terbuka

JAKARTA, JURNAL IBUKOTA : Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah (Dikdasmen) Hamid Muhammad mengatakan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di sekolah yang diselenggarakan oleh pemerintah daerah wajib mengumumkan secara terbuka proses pelaksanaan dan informasi PPDB.

“Pengumuman tersebut terkait persyaratan, seleksi, daya tampung berdasarkan ketentuan rombongan belajar, biaya serta hasil penerimaan peserta didik baru melalui papan pengumuman sekolah maupun media lainnya,” kata Dirjen Dikdasmen Hamid Muhammad dalam konferensi pers di Kemdikbud Jakarta, Selasa (11/7/2017). Dalam konferensi pers tersebut Hamid didampingi Irjen Kemdikbud Daryanto dan Karo Badan Komunikasi dan Layanan Masyarakat (BKLM) Kemdikbud Arie Santoso.

Menurut Hamid, pada tahun ini pihaknya menerapkan PPDB yang menggunakan sistem Zonasi. PPDB di sekolah yang diselenggarakan oleh pemda wajib menerima calon peserta didik yang berdomosili pada radius zona terdekat dari sekolah paling sedikit sebesar 90% dari total jumlah keseluruhan peserta didik yang diterima.

“Domisili calon peserta didik berdasarkan alamat pada kartu keluarga yang diterbitkan paling lambat enam bulan sebelum pelaksanaan PPDB,” kata Hamid.

Menurut dia, radius zona terdekat ditetapkan oleh pemerintah daerah sesuai dengan kondisi di daerah tersebut berdasarkan jumlah ketersediaan daya tampung sesuai ketentuan rombongan belajar masing-masing sekolah dengan ketersediaan anak usia sekolah di daerah tersebut,” ujarnya.

Hamid menambahkan bagi sekolah yang berada di daerah perbatasan provinsi/ kabupaten/kota, ketentuan persentase dan radius zona terdekat dapat diterapkan melalui kesepakatan secara tertulis antar pemerintah daerah yang saling berbatasan.

“PPDB bagi sekolah yang diselenggarakan oleh pemda dapat menerima peserta didik melalui jalur prestasi yang berdomisili di luar radius zona terdekat dari sekolah paling banyak 5% dari total jumlah keseluruhan peserta didik yang diterima,” katanya.

Menurut dia, jalur bagi calon peserta didik yang berdomisili di luar zona terdekat dari sekolah dengan alasan khusus meliputi perpindahan domisili orang tua/wali peserta didik atau terjadi bencana alam/sosial, paling banyak 5% dari total jumlah keseluruhan peserta didik yang diterima.

“SMA dan SMK atau bentuk lain yang sederajat yang diselenggarakan oleh pemerintah daerah provinsi wajib menerima peserta didik baru yang berasal dari keluarga ekonomi tidak mampu yang berdomisili dalam satu wilayah daerah provinsi paling sedikit 20% dari jumlah keseluruhan peserta didik yang diterima,” katanya.

Irjen Kemdikbud Daryanto mengatakan pihaknya akan melakukan sanksi pemecatan terhadap guru atau kepala sekolah yang menerima uang suap dalam pelaksanaan PPDB 2017 ini. (Agus)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s