Gallery

Hari Pertama TMMD Kodim 0911 Nunukan Laksanakan Sosialisasi Wawasan Kebangsaan di SMKN 1 Seimanggaris

Hari Pertama TMMD Kodim 0911 Nunukan Laksanakan Sosialisasi Wawasan Kebangsaan di SMKN 1 Seimanggaris

NUNUKAN, JURNAL IBUKOTA: Pelaksanaan di Hari Pertama kegiatan TMMD Wiltas ke-99 di wilayah Kodim 0911/Nnk Tahun 2017 yang melibatkan 110 orang personel bersama warga masyarakat sekitar melaksanakan kegiatan di sasaran masing-masing baik Fisik maupun Non Fisik.

Adapun kegiatan fisik yang dilaksanakan pada hari ini antara lain peningkatan badan jalan desa Tabur Lestari, pembangunan Taman Baca, Taman WLAN di Kantor Desa Srinanti dan Perehaban Gereja St. Paulus Desa Tabur Lestari. Pekerjaan ini dilaksanakan bersama-sama dengan warga masyarakat sekitar, saling bahu membahu sehingga menciptakan kemanunggalan dalam membangun Desa tersebut.

Pada tahap pengerjaan sasaran fisik pada hari pertama, TNI dan rakyat bersama-sama bahu membahu dalam beberapa pengerjaan sasaran. Di antaranya menaburkan material batu dan membersihkan parit di sekitar sasaran badan jalan, untuk sasaran perehaban gereja menghaluskan material kayu dan pengecatan Plywood dan untuk taman WLAN serta taman baca ialah melaksanakan penggalian pondasi.

Untuk kegiatan Non Fisik personil yang telah dibagi tugasnya melaksanakan Sosialisasi Wawasan Kebangsaan di SMKN 1 Seimanggaris dan Materi PBB (Peraturan Baris Berbaris) serta PPM (Peraturan Penghormatan Militer) dengan tujuan timbulnya kedisiplinan, terbangunnya mental nasionalisme dan yang paling penting adalah munculnya jiwa korsa antara satu dengan yang lainnya.

Para Siswa yang dilatih mengaku senang dengan adanya kegiatan tersebut, hal ini dikarenakan jarangnya sekolah mereka dalam mendapatkan materi tersebut. Besar harapan mereka untuk mendapatkan materi wawasan kebangsaan dan latihan bela negara secara berkelanjutan untuk ke depannya.

Personel yang terlibat dalam Satgas TMMD Wiltas ke-99 Tahun 2017 ini menginap di Induk Semang, yakni rumah-rumah warga sekitar yang berada tidak jauh dari sasaran fisik dan sasaran non fisik dengan harapan bisa merasakan makanan yang dimasak oleh pemilik rumah dan menciptakan rasa kebersaman serta kemanunggalan dengan warga masyarakat Desa. Sehingga dalam tujuan TMMD sendiri bukan hanya semata-mata sasaran fisik dan non fisik yang ingin dicapai, di samping itu memunculkan rasa emosionalisme, simpatik dan empatik satu sama lain khususnya TNI dengan rakyat. (Agus)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s