Upacara Pembukaan TMMD Wiltas ke 99 TA 2017 wilayah Kodim 0911/Nnk

Upacara Pembukaan TMMD Wiltas ke 99 TA 2017 wilayah Kodim 0911/Nnk

NUNUKAN, JURNAL IBUKOTA: Resmi dibuka, kegiatan TMMD (Tentara Manunggal Membangun Desa) Wilayah Perbatasan ke 99 TA 2017 Kodim 0911/Nunukan yang dilaksanakan di lapangan Bola Desa Srinanti Kec. Sei Manggaris Kab. Nunukan Prov. Kaltara dengan tema “Kemanunggalan TNI dan Rakyat kita percepat pembangunan guna meningkatkan Kesejahteraan masyarakat dalam rangka menjaga keutuhan NKRI” pada pukul 09.00 wita tadi (4/7). Bertindak sebagai Komandan Upacara Pasi Intel Kodim 0911/Nnk yang menjabat sebagai Komandan SSK TMMD Kapten Inf Alim Ibrohim dan bertindak sebagai Inspekur upacara Wakil Bupati Nunukan Ir. H. Faridil Murad.

Pada Upacara pembukaan TMMD tersebut dihadiri oleh Aster Kasdam VI/Mlw Kolonel Inf Heri Setya Kusdiantana dan Kasrem 091/ASN Kolonel Arh Rikas Hidayatullah beserta tamu undangan lainnya yakni unsur FKPD dan SKPD serta Para Kepala Dinas dan Kepala Instansi Vertikal di wilayah Kab. Nunukan. Pada upacara tersebut diikuti sekitar kurang lebih 1.000 orang diantaranya warga masyarakat Kec. Sei Manggaris.

Jumlah pasukan upacara yang tergelar sebanyak 225 orang tergabung didalamnya 1 SST Kodim 0911/Nnk, 1 SST Yonif 614/Rjp, 1 SST Brimob Nunukan, 1 SST Polres Nunukan, 1 SST Perangkat Desa Kec. Seimanggaris, 1 SST Pelajar SMK, SMP dan SD, 1 SST kelomok masyarakat.

Dalam amanat Inspektur Upacara Ir. H. Faridil Murad menyampaikan “Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo mengingatkan salah satu tolok ukur keberhasilan TMMD adalah meningkatkan semangat gotong royong di tengah-tengah masyarakat. TMMD diharapkan, mampu membangun semangat gotong royong, meningkatkan kepedulian sosial dan semangat kebersamaan sesama. Melalui TMMD Panglima TNI berharap terciptanya nilai tambah dalam prestasi kerja ini”. Adapun sebagai penutup dalam amanat Inspektur Upacara, wakil bupati Nunukan Berharap “Dengan adanya kegiatan TMMD ke 99 Tahun 2017 ini diharapkan mampu mempercepat roda pembangunan yang selama ini terus digalakan oleh pemerintah sebagai mana juga tertuang dalam NAWACITA ke 3 Presiden Joko Widodo, yaitu membangun Indonesia dari Pinggiran untuk memperkuat Daerah dan Desa”.

Dalam kegiatan TMMD yang dilaksanakan di wilayah Perbatasan RI – Malaysia di kec. Sei Manggaris, Komandan Kodim 0911/Nnk Letkol Kav Valian Wicaksono telah melaporkan kesiapan dalam pelaksanaan TMMD kepada Inspektur Upacara diantaranya menyampaikan beberapa kegiatan yang terbagi menjadi sasaran Fisik dan Sasaran Non Fisik dalam waktu yang sudah ditentukan, yakni 4 Juli 2017 sampai dengan 2 Agustus 2017 mendatang.

Sasaran kegiatan fisik yaitu Sarana dan Prasarana yang menjadi kebutuhan masyarakat didaerah dengan harapan membuka keterisolasian antar Desa di daerah terpencil serta membantu pencapaian kegiatan programpemerintah Daerah. Sasaran Non Fisik diantaranya mengutamakan sosialisasi atau penyuluhan tentang kesadaran berbangsa dan bernegara, kesadaran bela negara, cinta tanah air, wawasan kebangsaan dan berbagai bidang pengetahuan lainnya yang dapat membantu mensejahterakan khidupan masyarakat.

Sebagai acara tambahan dalam upacara pembukaan TMMD tersebut telah dilakukan kegiatan Bhakti Sosial lainnya meliputi, Penyerahan Tali Asih terhadap 10 warga yang tidak mampu, penyerahan sarana alat olahraga, Bazar Pasar Murah, pelayanan kesehatan dan Sunatan massal. (Agus)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s