Gallery

Prof Nizam: UNBK Tingkatkan Integritas Pelaksanaan UN Jenjang SMP

JAKARTA, JURNAL IBUKOTA.COM: Kepala Pusat Penilaian Pendidikan Kemdikbud Prof Nizam mengatakan UNBK meningkatkan integritas pelaksanaan UN Jenjang SMP dan hasil UN semakin handal.

“Hasil Ujian Nasional jenjang SMP/MTs/sederajat telah diumumkan di seluruh Indonesia pada 2 Juni 2017 lalu. Tak mau kalah dengan jenjang SMA dan SMK, sekolah-sekolah pada jenjang SMP juga banyak beralih ke ujian berbasis komputer atau UNBK,” katanya.

Jumlah satuan pendidikan yang mengikuti UNBK justru paling banyak dibandingkan dengan SMA/MA maupun SMK, yakni sebanyak 8.879 SMP, 1.970 MTs, 198 SMP terbuka, serta 693 PKBM, UNBK diikuti oleh 1.349.744 siswa.

“Meskipun demikian, dari segi persentase sekolah dan siswa UNBK jenjang SMP masih lebih rendah dari jenjang di atasnya, yakni 32%, karena jumlah siswa SMP/ MTs jauh lebih banyak. Peserta ujian nasional jenjang SMP yang dilayani dengan kertas dan pensil (UNKP) sebanyak 2.855.633 siswa,” katanya.

Menurut dia, peningkatan jumlah peserta UNBK pada jenjang SMP dari tahun 2016 ke tahun 2017 sangat luar biasa, mencapai 860% (dari 156.320 menjadi 1.349.744 siswa), sementara lonjakan jumlah sekolah yang mengikuti UNBK mencapai 1.180%,” katanya.

Menurut dia, dua provinsi yakni DKI dan DiY 100% siswa SMP/ MTs mengikuti UNBK.

“Dari segi sebaran sekolah UNBK, di ujung timur ada SMPN Urei Faisei yang terletak di desa pedalaman yang masih tertinggal di Kabupaten Waropen, Papua. Di ujung barat ada SMPN Sabang di kota Sabang, NAD. Di ujung utara ada SMPN 1 Bitung, Sulut. Dan di ujung selatan ada SMPN 1 Lobalain di Pulau Rote,” katanya. (Agus)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s