Gallery

Kemdikbud Akan Gelar Olimpiade Olahraga Siswa Nasional  X Sekolah Dasar tahun 2017

JAKARTA, JURNAL IBUKOTA. COM: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan akan menggelar Olimpiade Olahraga Siswa Nasional Sekolah Dasar (O2SN –X SD) 2017 di Kota Medan, Sumatra Utara pada 3- 9 September 2017.

Direktur Pembinaan Sekolah Dasar, Kemendikbud, Wowon Widaryat mengatakan dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan di Sekolah Dasar, Direktorat Pembinaan SD sejak tahun anggaran 1997/1998 telah melaksanakan pembinaan dan pengembangan olahraga SD berdasarkan pada pembinaan gugus sekolah yaitu SD inti sebagai pusat kegiatan pembinaan .

Olimpiade itu diselenggarakan sebagai tolok ukur keberhasilan pembinaan olahraga di SD dalam bentuk pertandingan/perlombaan yang kompetitif sebagai upaya untuk menumbuhkan motivasi dan kecintaan terhadap olahraga sedini mungkin.
Kegiatan yang bernama “ Olimpiade Olahraga Siwa Nasional tingkat Sekolah Dasar” atau O2SN-X SD tahun 2017 tersebut merupakan pembinaan dan pengembangan di tingkat SD yang merupakan salah satu bagian dari empat pilar kebijakan pembangunan pendidikan nasional yang meliputi olah hati atau qolbu, olah rasa, olah pikir , dan olahraga, kata Wowon.
O2SN-X SD tahun 2017 yang diikuti oleh 12 peserta setiap provinsi ini mengambil tema “Membangun Olahraga Sejak Usia Dini” dan akan mempertandingkan enam (6) cabang olahraga yaitu atletik, senam, renang, bulutangkis, pencaksilat dan karateka.
Kasubdit Peserta Didik, Direktorat Pembinaan SD, Kemendikbud, Gusmayadi mengatakan bagi para juara dalam O2SN X SD 2017 akan diberikan hadiah berupa medali (emas, perak dan perunggu), piagam penghargaan dan dana pembinaan sedangkan untuk juara umum akan memperoleh piala dan piagam juara umum.

Menurut Gusmayadi, untuk pendaftaran peserta yang akan mengikuti O2SN-X SD tahun 2017 harus mengikuti prosedur yang meliputi: setiap provinsi wajib mengirimkan peserta sejumlah 6 (enam) cabang olahraga yang dipertandingkan/diperlombakan, daftar nama peserta berdasarkan SK Kepala Dinas Provinsi sudah harus diterima Panitia Pusat dan dikirim selambat-lambatnya tanggal 4 Agustus 2017, ke alamat Panitia Pusat Olimpiade Olahraga Siswa Nasional X Tahun 2017 (O2SN-X) SD Subdit Peserta Didik, Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar Gedung E Kemdikbud Lantai 17, Jalan Jenderal Sudirman, Senayan, Jakarta, Telepon 021 5725638, 5725641, Fax. 5725637, 5725644, email : seksibakatprestasi.ditpsd@kemdikbud.go.id .

Gusmayadi menambahkan, untuk memperoleh peserta terbaik dari daerah yang akan dikirim ke tingkat nasional, daerah terlebih dahulu melaksanakan O2SN-X SD 2017 secara berjenjang dengan mekanisme pelaksanaan dimulai dari tingkat kecamatan, kabupaten/kota dan provinsi yang berkoordinasi dengan pemerintah kabupaten/kota/ pemerintah provinsi/ pengda cabang olaharaga.

Sistem pelaksanaan O2SN 2017-X SD 2017, di tingkat daerah maupun tingkat nasional mengacu pada pedoman yang dikeluarkan oleh Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar dan peraturan pertandingan/penerimaan dari Pengurus Besar /Pengurus Pusat cabang olahraga Kids’ Athletics, senam, renang, bulutangkis, pencak silat, dan karate. (Agus)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s