Gallery

Mendikbud Muhadjir Minta agar Perpustakaan Kemdikbud Jadi Pusat Jaringan Perpustakaan Sekolah

JAKARTA, JURNAL IBUKOTA.COM: Mendikbud Muhadjir Effendy minta agar Perpustakaan Kemdikbud dapat difungsikan sebagai pusat pengembangan jaringan perpustakaan sekolah.

“Tanpa mengurangi peran Perpustakaan Nasional, saya minta agar Perpustakaan Kemdikbud ini dapat direvitalisasi perannya sebagai pusat jaringan perpustakaan sekolah,” kata Mendikbud Muhadjir Effendy ketika meresmikan renovasi Perpustakaan Kemdikbud di Jakarta, Rabu (7/6/2017).

Menurut Muhadjir Effendy, Perpustakaan Kemdikbud tersebut agar fungsinya diperluas dan diberi bobot yang lebih besar.

“Kita sudah punya beberapa unit penunjang yang sangat layak. Selain perpustakaan ada poliklinik yang sudah direnovasi besar-besaran dan dengan peralatan yang cukup bagus serta ada pelayanan PAUD untuk anak usia dini yang juga sudah bagus, juga ada tempat parkir yang banyak orang luar yang nunut parkir di Kemdikbud,” katanya.

Menurut menteri, tempat parkir tersebut perlu dibenahi, agar pihak luar bisa ikut menikmati fasilitas yang ada di Kemdikbud.

“Pahalanya banyak itu,” kata menteri.

Muhadjir mengatakan yang belum adalah penguatan unit-unit tersebut agar bisa diketahui oleh masyarakat umum dan kemudian masyarakat umum ikut menggunakannya.

“Oleh karena itu, saya minta kepada Sekjen dalam dua minggu untuk memasang papan nama di jalan raya (Sudirman) sana bahwa di sini ada perpustakaan, ada poliklinik, ada TK/PAUD yang bisa digunakan untuk umum, tidak hanya untuk keluarga Kemdikbud saja. Termasuk poliklinik bisa melayani BPJS juga, karena fasilitasnya sudah cukup lengkap, sehingga bisa optimal dan tidak digunakan untuk sendiri,” tambahnya.

Menurut Muhadjir, Kemdikbud kini sedang menggerakkan perpustakaan sekolah.

“Coba pak Dirjen dipelajari, apakah mungkin perpustakaan ini berperan sebagai pusat jaringan perpustakaan sekolah tanpa mengurangi peran Perpustakaan Nasional,” ujarnya.

Menurut dia, kalau itu bisa dilakukan maka perlu lebih dioptimalkan melalui jaringan yang dimiliki Kemdikbud, termasuk Pustekkom, mungkin akan bisa menjadi lebih bagus untuk penanganannya dalam rangka gerakan literasi sekolah.

“Termasuk dalam rangka afirmasi tahun depan akan kita fokuskan salah satunya adalah penguatan perpustakaan sekolah,” tuturnya. (Agus)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s