Gallery

Kemdikbud Akan Gelar Pameran Arsip Terkait Lahirnya Pancasila 2-15 Juni 2017

Kemdikbud Akan Gelar Pameran Arsip Terkait Lahirnya Pancasila 2-15 Juni 2017

JAKARTA, JURNAL IBUKOTA.COM: Dirjen Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Hilmar Farid mengatakan pihaknya akan mengadakan pameran arsip terkait lahirnya Pancasila mulai 2-15 Juni 2017 di Museum Nasional, Jalan Medan Merdeka Barat No 12, Jakarta.

“Pameran ini kami adakan bersama Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) dan Perpustakaan Nasional,” kata Dirjen Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Hilmar Farid dalam konferensi pers di Jakarta, Kamis (1/6/2017).

Menurut Hilmar, pameran Arsip Lahirnya Pancasila akan dibuka Jumat (2/6) oleh Mendikbud Muhadjir Effendy, dengan juga menampilkan Tio Pakusadewo sebagai pembaca pidato Bung Karno dalam rapat BPUPKI 1 Juni 1945 serta pemutaran film “Pantja-Sila: Cita-cita dan Realita”.

Menurut Hilmar, arsip-arsip yang memiliki nilai kesejarahan yang tinggi seperti dokumen tentang persidangan Badan Penyelidik Usaha- usaha Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI), Dokuritzu Tyoosakai, teks pidato Soekarno tentang Pancasila, penyusunan konsep pembukaan Undang Undang Dasar 1945. Selain itu juga memilih Presiden dan Wakil Presiden akan ditampilkan selama pameran berlangsung.

“Diharapkan pameran ini menjadi pemantik kesadaran revitalisasi nilai- nilai Pancasila sebagai jiwa bangsa yang mendasari seluruh kehidupan Indonesia sebagai sebuah bangsa,” katanya.

Menurut dia, Pancasila adalah pandangan hidup (falsafah), dasar negara (ideologi), dan wahana pemersatu bangsa Indonesia.

“Nilai- nilai yang terkandung di dalamnya menjadi sendi kehidupan dan penyelenggaraan kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara di Indonesia,” katanya.

Menurut Hilmar, lahirnya Pancasila merupakan buah pemikiran para pendiri bangsa dalam rangka mewujudkan cita-cita dan tujuan yang diimpikan oleh segenap Bangsa Indonesia.

“Salah satu upaya untuk menanamkan nilai-nilai Pancasila kepada masyarakat khususnya generasi muda adalah melalui peningkatan pemahaman tentang sejarah lahirnya Pancasila,” ujarnya. (Agus)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s