Gallery

Rury: Astra Infra Toll Road Terus Edukasi Warga Sekitar Jalan Tol Tangerang-Merak

TANGERANG, JURNAL IBUKOTA.COM: Environment Social Responsibility (ESR) Department Head Astra Infra Toll Road Tangerang-Merak Rury Purwantoko mengatakan pihaknya terus membenahi lingkungan dan mengedukasi masyarakat sekitar jalan tol tersebut.

“Kami mengedukasi masyarakat untuk tidak menerobos pagar tol dan naik turun penumpang (Natupang), karena selain membahayakan diri sendiri juga membahayakan bagi penggguna jalan tol lainnya,” kata Environment Social Responsibility (ESR) Department Head Astra Infra Toll Road Tangerang-Merak Rury Purwantoko di sela-sela Customer Gathering Astra Infra Toll Road Tangerang-Merak, di Tangerang, Sabtu (20/5/ 2017).

Menurut Rury, dulu pagar jalan Tol Tangerang-Merak hanya menggunakan kawat berduri. Namun kawat berduri tersebut dipotong oleh warga untuk bisa masuk ke area jalan tol dan Natupang agar cepat sampai ke tempat kerjanya.

“Kemudian pagar kawat tersebut diganti dengan tembok batu, tapi yang muncul adalah tangga bambu untuk bisa Natupang dengan membayar Rp 1.000 kepada pemilik tangga,” tambahnya.

Menurut dia, ketika tembok semakin ditinggikan, maka semakin tinggi pula tangga itu, bahkan ada pula yang naik ke atap rumah.

“Menurut kami pembangunan fisik berupa pagar dan tembok saja tidak cukup untuk mencegah warga untuk Natupang, tapi perlu edukasi kepada warga untuk tidak melakukan natupang yang sangat membahayakan itu,” tuturnya.

Rury mengatakan dengan melakukan customer gathering seperti itu akan bisa merangkul warga dan memberi kesadaran kepada mereka akan pentingnya pengetahuan tentang rambu-rambu lalu lintas dan keselamatan berkendara di jalan tol.

Selain memasang pagar dan tembok untuk mencegah Natupang, pihak Astra Infra Toll juga melakukan penanaman penghijauan di sepanjang tepi jalan tol untuk mengurangi kebisingan dan polusi lalu lintas terhadap warga sekitar jalan tol.
“Kami menanam ribuan pohon untuk memberi suasana hijau di sepanjang jalan tol, sehingga pengguna jalan tol tidak merasa melintasi tanah yang gersang ketika melintas,” ujarnya.

Menurut Rury, pihaknya juga membagikan bibit pohon tanaman buah untuk warga yang tinggal di tepi jalan tol guna ditanam di halaman rumahnya.

“Dengan demikian warga merasa ikut memiliki jalan tol yang melintasi desanya,” tambahnya.

Menurut dia, Astra Infra Toll Road juga mempunyai beberapa sekolah binaan yang mendapat bantuan sarana prasarana belajar mengajar serta bantuan beasiswa bagi pelajar yang berprestasi, sehingga mereka dapat menggapai cita-citanya. (Agus)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s