Gallery

Bambang Dahono: Badak Sumatera yang Masih Selamat Kurang dari 100 Ekor

JAKARTA, JURNAL IBUKOTA.COM: Direktur Konservasi Keanekaragaman Hayati Kementerian LHK Bambang Dahono Adji memperkirakan kurang dari 100 badak sumatera yang masih selamat dan berada dalam populasi yang sangat kecil dan terpisah-pisah.

“Badak sumatera adalah salah satu spesies yang berada dalam kondisi kritis dari seluruh spesies badak, dilihat dari populasinya yang semakin turun,” kata Direktur Konservasi Keanekaragaman Hayati Kementerian LHK Bambang Dahono Adji dalam konferensi pers di Kementerian LHK, Jakarta, Selasa (16/5/ 2017).

Konferensi pers tersebut dengan tema “Menggalang Dukungan Masyarakat Akan Upaya Konservasi Badak Sumatera Melalui Kampanye #kadountukDelilah”.

Menurut Bambang, akibat perburuan populasi badak sumatera telah berkurang lebih dari 50% selama 20 tahun terakhir, dengan populasi sekarang hanya ada di Indonesia.

“Spesies ini dinyatakan punah di alam bebas di Malaysia pada 2015,” katanya.

Menurut dia, badak sumatera hanya ada di kawasan yang dilindungi, di mana mereka mereka dilindungi secara fisik oleh unit Perlindungan Badak.

“Perlindungan badak dikombinasikan dengan menggabungkan populasi kecil terpisah-pisah menjadi lebih besar sehingga memberikan harapan terbaik untuk bertahan hidup spesies ini,” ujarnya.

Pada 2017 Andalas Si Badak Sumatera yang lahir di Kebon Binatang Cincinnati pada 2001 direlokasikan ke Suaka Rhino Sumatera (SRS) di Pulau Sumatera. Pada 2012 pasangan Andalas, Ratu, melahirkan seekor anak badak jantan yang sehat, Andatu.

“Delilah lahir pada Kamis 12 Mei pagi di SRS Taman Nasional Way Kambas. Ini adalah anak badak kedua dari Ratu dan badak kedua yang pernah lahir di penangkaran di Indonesia,” kata Bambang.

“Nama Delilah diberikan oleh Presiden Jokowi ketika meresmikan Way Kambas sebagai Taman Warisan Asean pada Juli 2016,” tambahnya. (Agus)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s