Gallery

James: Penyusunan RPP SPM Jadi Momentum Kemdikbud Tinjau Kembali SPM Pendidikan

JAKARTA, JURNAL IBUKOTA.COM: Staf Ahli Mendikbud Bidang Hubungan Pusat dan Daerah James Modouw mengatakan dinamika penyusunan RPP SPM merupakan momentum bagi Kemdikbud untuk meninjau kembali SPM pendidikan yang ada.

“Sebagai turunan UU 32/2004 mengenai pemerintah daerah dan PP 65/2005 mengenai Standar Pelayanan Minimal (SPM), kita telah memiliki Peraturan Mendikbud 23/2013 mengenai SPM Dikdas yang memuat 27 indikator. Dengan disahkannya UU pemerintahan daerah yang baru, ini adalah kesempatan bagi kita semua untuk menyelaraskan SPM pendidikan dengan perkembangan nasional,” kata James Modouw dalam acara Kopi Darat di Kemdikbud, Rabu (3/5/ 2017).

Hadir sebagai narsum lainnya Direktur Sinkronisasi Urusan Pemerintahan Daerah IV Ditjen Bina Pembangunan Daerah Kementerian Dalam Neheri Binar Ginting, wakil Bupati Gresik H Moh Qosim, Kepala Sekolah SDN I Maguwoharjo, Sleman DIY Rahayu Setyaningsih.

James berharap agar melalui proses penyusunan SPM ini, semua pihak bisa memahami bahwa tujuan SPM pendidikan adalah pemerataan layanan pendidikan yang berkualitas di Indonesia.

“Dengan kesadaran bahwa SPM Pendidikan adalah kunci menuju peningkatan kualitas pendidikan, kita berharap bahwa indikator yang kita susun bersama ini benar – benar mencerminkan penekanan kualitas itu, bkn sekadar pemenuhan sarana dan prasarana,” katanya.

Menurut James, disahkannya UU No 23 Tahun 2014 tentang pemerintahan daerah sebagai pengganti UU No 32 Tahun 2004, adalah momentum peninjauan kembali rumusan SPM yang menjadi tolok ukur kinerja pemerintah daerah selama ini.

“Saat ini pula Rencana Peraturan Pemerintah (RPP) tentang SPM sebagai turunan dari UU No 23 Tahun 2014 sedang dalam proses pengesahan,” tambahnya.

Menurut James, proses penyusunan RPP SPM bro yang dimotori Kementerian Dalam Negeri tersebut mencatat sejumlah tantangan dalam menyamakan pemahaman mengenai SPM, juga mengenai ukuran pemenuhan SPM Pendidikan dengan kondisi daerah yang beragam. (Agus)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s