Gallery

Kemenkop dan UKM Dampingi Komisi VI DPR RI untuk Jaga Stabilitas Harga Kebutuhan Pokok Jelang Lebaran

YOGYAKARTA, JURNAL IBUKOTA. COM: Untuk memantau harga kebutuhan pokok, Komisi VI DPR RI TIM yang diketuai Ir. Azam Azman Natawijana melakukan kunjungan kerja di Pasar Induk Buah dan Sayuran Giwangan Umbulharjo pada hari ini Kamis, (20/4/2017) Provinsi D.I Yogyakarta. Kunjungan tersebut merupakan kunjungan kerja spesifik dalam rangka memasuki bulan Suci Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri 1438 H.

Dalam kesempatan kunjungan spesifik tersebut, Deputi Bidang Restrukturisasi Kementerian Koperasi dan UKM yang diwakili Sekretaris Deputi Bidang Restrukturisasi Usaha, Ir. Halomoan Tamba, MBA bersama Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi D.I Yogyakarta, Sultoni Nurfai Kabid Koperasi juga turut mendampingi dan dari Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi Kota Yogyakarta Prabaningtyas Kabid UKM.

Komisi VI melakukan dialog dengan pedagang pasar salah satunya Ibu Sumardilah, banyak hal yang dikemukan oleh pedagang pasar, berkisar persoalan internal persaingan pedagang pengecer dengan pedagang grosir, persoalan yang mucul adalah pedagang grosir menjadi pesaing pedagang pengecer, seharusnya keluhan ini dapat didengar dan diselesaikan oleh paguyuban pedagang pasar.

Informasi pemantauan harga saat ini kebutuhan pokok di Pasar Giwangan, harga ayam kampung Rp. 50 ribu per kilo, ayam broiler Rp.30 ribu per ekor, cabe rawit hijau Rp.35 ribu, beras jenis IR 1 Rp.10 ribu per kilo, daging sapi KW1 Rp.120 ribu per kilo, gula pasir Rp.13 ribu per kilo dan minyak goreng Bimoli Rp.13.750,-. Azam Azman mengatakan agar harga ini dapat dikendalikan Bulog, nanti akan ada acara khusus dengan Bulog tentang policy dan kebijakan agar pengendalian harga lebih terarah.

Halomoan Tamba mengatakan lebih lanjut bahwa kunjungan spesifik semacam ini sangat tepat dilakukan Komisi VI DPR RI, karena tinggal satu bulan lagi umat Islam akan memasuki Bulan Suci Ramadhan dan menghadapi lebaran Hari Raya Idul Fitri 1438, biasanya harga kebutuhan pokok akan naik seperti harga gula pasir, minyak sayur, terigu, telur, jadi hal ini perlu diawasi dan dipantau, jangan sampai harga tersebut melambung tinggi, kita mengharapkan harganya tetap stabil tambah Halomoan.

Kehadiran kami Kata Halomoan dari Kementerian Koperasi dan UKM turut mendampingi Komisi VI DPR RI karena kami sebagai mitra kerjanya. Kita perlu memantau bersama dari sekarang bersama Komisi VI agar kebutuhan pokok masyarakat untuk menjaga harganya stabil menjelang bulan suci Ramadhan dan Idul Fitri katanya.

Dalam kesempatan lain di Yogyakarta Halomoan Tamba hadir pula dalam acara Evaluasi dan sinkronisasi porogram dalam rangka persiapan penyusunan bahan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) 2018, yang dihadiri oleh Dinas Koperasi Kota Solo dan Kota Yogyakarta serta para pendamping PLUT-KUMKM.

Agenda Musrenbang ini setiap tahun dilakukan untuk mendapatkan masukan dan informasi dari bawah (bottom up) tentang perencanaan pembangunan, sehingga diharapkan program-program pusat akan dapat sinergi dengan program daerah. (Agus)

Advertisements
By jurnalibukota Posted in Ekonomi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s