Gallery

Asman Optimistis Peringkat EODB RI Bisa Naik Jadi ke-40

20asman abnur 250x188

Menteri PANRB Asman Abnur mengatakan dengan demikian besar greget berbagai instansi untuk mengikuti Top 99 Inovasi Pelayanan Publik 2017, dia optimistis pada tahun ini peringkat EODB Indonesia bisa naik dari ke-91 menjadi sekitar peringkat ke-40.

JAKARTA, JURNAL IBUKOTA.COM: Menteri PANRB Asman Abnur mengatakan dengan demikian besar greget berbagai instansi untuk mengikuti Top 99 Inovasi Pelayanan Publik 2017, dia optimistis pada tahun ini peringkat EODB Indonesia bisa naik dari ke-91 menjadi sekitar peringkat ke-40.

“Animo Instansi untuk mengikuti kompetisi ini selalu meningkat dari tahun ke tahun. Pada 2014 tercatat 515 inovasi yang dikompetisikan, menghasilkan Top 99 dan Top 9,” kata Menteri PANRB Asman Abnur dalam konferensi pers di Jakarta, Kamis (20/4/ 2017). Dalam konferensi pers tersebut Menteri PANRB didampingi oleh Deputi Pelayanan Publik Diah Natalisa dan Karo Humas Herman Suryatman.

Menurut dia, pada 2015 peserta kompetisi meningkat menjadi 1.184 inovasi dan menghasilkan Top 99 dan Top 25.

“Pada 2016 jumlah peserta meningkat menjadi 2.476 inovasi dan menghasilkan Top 99 dan Top 35,” tambahnya.

Menurut Asman, dalam kompetisi tahun 2017 ini tercatat 3.054 inovasi pelayanan publik yang terdaftar melalui aplikasi Sistem Informasi Inovasi Pelayanan Publik (Sinovik).

“Dari hasil seleksi administrasi, terdapat 1.373 inovasi yang lolos ke tahap selanjutnya. Dari jumlah itu, dilakukan desk evaluation oleh Tim Evaluasi yang terdiri dari para dosen senior perguruan tinggi yang berpengalaman sebagai asesor pada perguruan tinggi,” ujarnya.

Menurut Asman, melihat semangat yang begitu tinggi dari instansi peserta kompetisi inovasi pelayanan publik, pihaknya optimistis untuk menjadikan Indonesia menempati peringkat ke-40 dalam Ease on Doing Business (EODB) di dunia pada tahun 2017, dapat tercapai.

“Menurut rencana, penyerahan penghargaan Top 40 akan dilakukan pada bulan Juni yang diharapkan bisa diserahkan langsung oleh Presiden Jokowi yang dirangkai dengan International Public Service Exhibition (IPSE) 2017.

“Pameran akbar inovasi pelayanan publik untuk memamerkan Top 99 Inovasi Pelayanan Publik Tahun 2017 di Jakarta Convention Center,” katanya. (Agus)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s