Gallery

Hadi: Telah Terjaring 84 Calon Penerima Penghargaan Kalpataru

JAKARTA, JURNAL IBUKOTA. COM: Dirjen Perhutanan Sosial dan Kemitraan Lingkungan Hadi Daryanto mengatakan sampai dengan 16 Maret 2017 telah terjaring 84 calon penerima penghargaan Kalpataru.

“Penghargaan Kalpataru adalah penghargaan yang diberikan kepada WNI, baik individu maupun Kelompok masyarakat yang dinilai sangat luar biasa berjasa dalam memelihara fungsi lingkungan hidup dan kehutanan,” kata Dirjen Perhutanan Sosial dan Kemitraan Lingkungan Hadi Daryanto dalam konferensi pers Sosialisasi Penghargaan Kalpataru di Jakarta, Kamis (16/3/ 2017).

Menurut Hadi, Kalpataru diberikan kepada perorangan atau kelompok masyarakat (komunitas) yang telah menunjukkan kepeloporan dan memberikan sumbangsihnya bagi upaya- upaya pemeliharaan fungsi ekosistem.

“Pemberian Penghargaan Kalpataru diberikan setiap tahun bertepatan pada Hari Lingkungan Hidup Sedunia setiap tanggal 5 Juni oleh Presiden,” katanya.

Hadi mengatakan kategori penghargaan Kalpataru terdiri dari empat yaitu Perintis Lingkungan, Pengabdi Lingkungan, Penyelamat Lingkungan dan Pembina Lingkungan.

Menurut dia, tujuan pemberian Penghargaan Kalpataru adalah untuk meningkatkan kesadaran, membuka peluang bagi berkembangnya inovasi dan kreativitas serta pranata sosial yang dapat mendorong prakarsa masyarakat sebagai bentuk apresiasi dan motivasi kepada individu dan kelompok masyarakat dalam melakukan perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup secara berkelanjutan.

Hadi mengatakan Penghargaan Kalpataru dimulai pada 1980 dengan tiga kategori (Perintis, Pengabdi dan Penyelamat Lingkungan), penghargaan yang diberikan berupa plakat yang bertuliskan “Hadiah Lingkungan Tahun 1980” dan diberikan kepada delapan organisasi dan kelompok masyarakat atas jasa-jasanya kepada usaha pelestarian lingkungan. Sejak tahun 1989 bertambah satu kategori pembina lingkungan.

Menurut dia, penerima penghargaan Kalpataru dari tahun 1980 sampai dengan 2016 berjumlah 348 orang/ kelompok masyarakat, terdiri dari perintis lingkungan (102 orang), pengabdi lingkungan (85 orang), penyelamat lingkungan (105 orang), dan pembina lingkungan (56 orang).

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s