Gallery

Rimbawan Indonesia Bertekad Jaga Kelestarian Hutan

JAKARTA, JURNAL IBUKOTA. COM: “Dengan Semangat Kerja Nyata, Rimbawan Indonesia Bertekad Menjaga Kelestarian Hutan untuk Meningkatkan Pembangunan Lingkungan Hidup yang Berkelanjutan”, itulah tema yang diangkat Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) dalam puncak peringatan Hari Bhakti Rimbawan (HBR) Tahun 2017 di Jakarta, Kamis (16/03/2017). Puncak peringatan HBR Tahun 2017 diselenggarakan secara serempak pada satuan kerja KLHK yang tersebar di seluruh Indonesia dalam bentuk upacara bersama.
Mengawali puncak peringatan HBR Tahun 2017, Menteri LHK Siti Nurbaya memimpin upacara dan menyampaikan arahan kepada seluruh jajaran KLHK. “Kita semua berharap tema peringatan Hari Bhakti Rimbawan Tahun 2017 ini dapat menyemangati para rimbawan di seluruh Indonesia untuk terus berkiprah dalam bakti kepada negara dan bangsa melalui pelaksanaan tugas-tugasnya di berbagai tatanan kerja”, ujar Siti Nurbaya. Dalam upacara ini, Siti Nurbaya juga melaksanakan penganugerahan Satya Lencana bagi pegawai KLHK sebagai bentuk penghargaan kepada para rimbawan.
Hari Bhakti Rimbawan diperingati setiap tanggal 16 Maret bertepatan dengan lahirnya Departemen Kehutanan pada tanggal 16 Maret 1983. Lebih lanjut, melalui Resolusi 67/200 tahun 2012, PBB telah menetapkan tanggal 21 Maret sebagai International Day of Forests atau Hari Hutan Internasional (HHI), dan tema HHI tahun ini adalah “Hutan dan Energi”.
Berkenaan dengan hal tersebut, Siti Nurbaya menyampaikan bahwa secara nyata, kebijakan dan langkah dalam bidang kehutanan dan lingkungan hidup itu untuk kesiagaan energi, air, pangan dan kesejahteraan masyarakat.

”Dalam mewujudkan kesiagaan ini, ada peran hutan dan ekosistem yang sangat penting, ada masyarakat, ada peran sosial dalam pengaturan fungsi alam, dan ada peran politik kesejahteraan di dalamnya yang harus disadari para rimbawan”, ungkap Siti. (*/Agus)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s