Gallery

Basuki: Kementerian PUPR BKO-kan Seluruh Balai untuk Dukung TMMD 2017

JAKARTA, JURNAL IBUKOTA. COM: Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan akan mem-BKO-kan seluruh Balai-balai di Kementerian PUPR untuk dilibatkan dalam kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-98 TA 2017.

“Saya akan kerahkan seluruh balai-balai yang ada untuk mendukung kegiatan TMMD 2017 Ini,” kata Menteri PUPR Basuki Hadimuljono ketika membuka Rapat Koordinasi Teknis (Rakornis) TMMD ke-98 TA 2017 di Kementerian PUPR, Jakarta, Kamis (9/3/2017).

Menteri Basuki didampingi Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Mulyono selaku penanggung jawab operasional pelaksanaan TMMD saat membuka Rakornis tersebut.

Rapat Koordinasi Teknis (Rakornis) TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) diselenggarakan dalam rangka menyamakan visi, misi dan persepsi, serta arah kebijakan dalam mewujudkan kesiapan penyelenggaraan program TMMD ke-98 TA. 2017.

Pada pelaksanaan Rakornis TMMD ke-98 kali ini, TNI Angkatan Darat bekerja sama dengan Kementerian PUPR RI beserta seluruh jajarannya. Selain itu program TMMD juga bekerjasama dengan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Provinsi dan Kabupaten/Kota, Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa (BPMPD) Provinsi serta Pemerintah Daerah/Pemerintah Kabupaten/ Kota.

Upaya sinergi program TMMD dengan program Kementerian PUPR RI ini, dilakukan terutama dalam upaya membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah-daerah dan desa dalam rangka menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Agar pelaksanaan program TMMD ke-98 TA 2017 dapat berjalan dengan baik, maka pada Rakornis TMMD kali ini, para peserta akan dibekali oleh beberapa narasumber antara Iain dari Sekjen Kementerian PUPR RI pada seksi pertama, ceramah tentang “Kerjasama Penanganan Jalan antara Kementerian PUPR RI dan TNI pada kawasan perbatasan/terisolir/tertinggal dalam rangka mengurangi kesenjangan antar wilayah dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat daerah”.

Selanjutnya pada sesi kedua akan dilaksanakan secara panel dengan pembicara dari Kemenkeu RI, Kemendagri RI dan Srenad yang akan membahas tentang “Optimalisasi Pengelolaan Dana TMMD dalam mewujudkan tertib Administrasi”.

Pelaksanaan TMMD ke-98 TA 2017 dimulai pada tanggal 5 April 2017 sampai dengan 4 Mei 2017 selama 30 hari dengan melibatkan personel sebanyak 9.150 orang terdiri dari unsur TNI/Polri, Kementerian/ LPNK dan masyarakat. Adapun tema yang diusung yaitu “Dengan Semangat Kemanunggalan Kita Tingkatkan Sinergitas Lintas Komponen Bangsa Guna Membangun Daerah Dan Desa Untuk Mewujudkan Indonesia Yang Berdaulat, Mandiri Dan Berkepribadian Berlandaskan Gotong-Royong Dalam Kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia”.

Program TMMD merupakan bagian dari komitmen TNI AD untuk ikut membangun Bangsa dan Negara bersama komponen Bangsa lainnya secara sinergi dan berkesinambungan. berdasarkan Surat Menteri Dalam Negeri RI kepada seluruh Gubernur/Bupati/Walikota bahwa mulai tahun 2017 ini ada perubahan dalam pelaksanaan TMMD yang semula 2 (dua) kali dalam setahun diubah menjadi 3 (tiga) kali dalam setahun. (Agus)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s