Gallery

Hermanto: Indonesia Jadi Tuan Rumah Konferensi Internasional REAAA ke-15 di Bali

JAKARTA, JURNAL IBUKOTA. COM: President Road Engineer Association of Asia and Australasia (REAAA) A. Hermanto Dardak mengatakan Indonesia mendapat kepercayaan menjadi tuan rumah acara Konferensi Internasional ke-15 yang akan diadakan pada 20-24 Maret 2017 di Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC).

“Konferensi internasional ini akan dihadiri lebih dari 700 orang peserta, yang terdiri dari 245 peserta internasional, dari negara- negara anggota REAAA/IRF, dan 460 orang peserta dari Indonesia,” kata President Road Engineer Association of Asia and Australasia (REAAA) A. Hermanto Dardak dalam konferensi pers di Jakarta, Selasa (7/3/2017).

Menurut Hermanto, REAAA adalah organisasi asosiasi para pembangun jalan dari berbagai negara. Pertama kali didirikan di Malaysia pada 15 Juni 1973.

“REAAA didirikan untuk mengembangkan disiplin keilmuan dan praktik pembangunan jalan di wilayah Asia Pasifik, termasuk mengembangkan kemampuan profesional dan jejaring komersial di antara negara- negara yang berada di kawasan Asia Pasifik tersebut,” ujarnya.

Menurut Hermanto, saat ini REAAA beranggotkan 1.400 orang anggota profesional yang berkecimpung dalam pembangunan jalan dan industri terkait, yang berasal dari 24 negara. Sekretariat pusat REAAA berkedudukan di Malaysia dan saat ini local area chapter telah berdiri di banyak negara, seperti Australia, Brunei, Korea, Malaysia, Selandia Baru dan Filipina.

“REAAA secara berkala mengadakan events setiap tahun, yang terdiri dari konferensi internasional, Heads of Road Authorities (HORA) Meeting, kunjungan teknik, pameran, forum perdagangan dan lainnya,” kata Hermanto.

Dalam kesempatan yang sama Himpunan Pengembang Jalan Indonesia (HPJI) juga menjadi tuan rumah untuk kegiatan The 1st International Road Federation (IRF) Global Summit.

“IRF merupakan sebuah organisasi non profit yang didirikan pada 1948 untuk pengembangan industri pembangunan jalan di berbagai negara, dengan mensinergikan kekuatan pemerintah, dan pihak swasta di masing-masing negara, dalam membangun jalan berkelas dunia. Saat ini keanggotaan IRF telah mencakup 70 negara di dunia,” katanya.

Heddy R. Agah, selaku Sekretaris HPJI, menjelaskan bahwa bersamaan dengan penyelenggaraan 15th REAAA Coinference di Nusa Dua, IRF akan menyelenggarakan The 1st IRF Global Summit yang merupakan kegiatan yang menggabungkan kekuatan IRF dan REAAA.

“Hal itu untuk mengembangkan standar pembangunan jalan yang aman dan berkualitas guna menjawab tantangan industri dan memenuhi kebutuhan para pemangku kepentingan dalam peningkatan ekonomi negara,” ujarnya. (Agus)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s