Gallery

Kasal: TNI AL Akan Lebih Perkenalkan Segala Aspek Kemaritiman kepada Masyarakat

JAKARTA, JURNAL IBUKOTA. COM: Kepala Staf TNI AL (Kasal) Laksamana TNI Ade Supandi mengatakan ingin menjadikan Angkatan Laut dan Indonesia sebagai bagian dari Poros Maritim Dunia dengan lebih memperkenalkan segala aspek kemaritiman kepada masyarakat, terutama kepada media massa.

“Secara idealis, saya ingin agar karakteristik, kultur budaya, harus lebih banyak lagi kita ketemu dengan air. Pertama, karena air itu sebagai sumber kehidupan. Kalau tidak ada air, tidak bisa masak, tidak bisa mencuci,” kata Kasal Laksamana TNI Ade Supandi dalam Gathering TNI AL dengan Media Massa di Markas Besar TNI AL, Jakarta, Jumat (3/3/2017).

Menurut Kasal, air yang dipakai untuk segala keperluan berasal dari dalam tanah dan dari atas (langit). “Air dari atas berasal dari laut, karena evaporasi, menjadi awan dan kena trap, lalu turun hujan. Oleh karena itu, Bogor hujannya tinggi karena awan tadi kena gunung-gunung di sana yaitu Gunung Salak, Gunung Halimun dan sebagainya,” ujarnya.

Ade Supandi mengapresiasi media massa yang memberi porsi pemberitaan kepada TNI AL, karena itu pihaknya memberi penghargaan kepada media yang memberitakan terbanyak kepada TNI AL.

“Saya ingin agar TNI AL merupakan bagian dari kehidupan yang selalu bersentuhan dengan laut dan maritim,” katanya.

Dan dengan penetapan Indonesia sebagai Poros Maritim Dunia, katanya, pembentukan karakter kita lebih banyak mensosialisasikan aspek-aspek kemaritiman.

“Baik itu menyangkut AL, industri maritim, budaya maritim, termasuk juga pariwisata, profesi dan sebagainya, sehingga keinginan untuk membangun negara maritim juga didukung oleh karakter bangsa maritim yang kuat,” katanya.

“Saya tidak henti-hentinya mengajak, mencari hal-hal yang bisa hal-hal baru dalam pengembangan negara maritim ini,” tambahnya.

Menurut dia, ke depan akan banyak kegiatan AL yang bersifat internasional seperti international Security Simposium di Bali, Multilateral Komodo Exercise di Lombok pada 2018. Pada 2016 kegiatan serupa sudah dilaksanakan di Padang, yang sudah banyak menarik orang ke Padang. (Agus)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s