Gallery

Rencana Pembangunan Bendungan Way Apu

JAKARTA, JURNAL IBUKOTA. COM: Pemerintah melalui Kementerian PUPR serius dalam upaya mewujudkan ketahanan pangan. Salah satunya, pada tahun 2017 di Provinsi Maluku direncanakan untuk dimulai pembangunan Bendungan Way Apu yang berlokasi di Pulau Buru. Bendungan akan memiliki volume tampung 15 juta m3 yang akan mengairi lahan irigasi seluas 2,9 ha, untuk air baku 1,04 meter/detik, dan listrik sebesar 3,2 MW.

Tidak itu saja melalui Balai Wilayah Sungai Maluku, Ditjen SDA Kementerian PUPR juga tengah melaksanakan program Percepatan dan Perluasan Pembangunan Infrastruktur Sumber Daya Air Irigasi Kecil (P4-ISDA) serta Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi (P3 TGAI).

Program P4-ISDA dan P3-TGAI ini untuk menyediakan air bagi kawasan pertanian melalui pemeliharaan, rehabilitasi dan peningkatan jaringan irigasi kecil (luas kurang dari 150 hektar), irigasi tersier dan irigasi desa yang dilakukan dengan cara Pemberdayaan Petani Pemakai Air (P3A) atau gabungan Perkumpulan Petani Pemakai Air (GP3A) atau Induk Perkumpulan Petani Pemakai Air (P3A).

Program tersebut menyasar sebanyak 30 Desa yang ada di Pulau Buru dan Seram, Provinsi Maluku dengan dana sebesar Rp 5,3 miliar.(*/Agus)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s