Gallery

Menkop Puspayoga Minta Koperasi Profesional Kelola Pasar Desa

MALANG, JURNAL IBUKOTA. COM: Menkop dan UKM Puspayoga meminta koperasi yang mulai diipercaya mengelola pasar desa atau pasar rakyat, untiuk bisa mengelola pasar desa dengan profesional.

“Sebagai pengelola pasar desa, koperasi harus mampu menciptakan setiap aspek peluang dalam tata kelola pasar sehingga bisa memberikan kontribusi kepada pendapatan daerah dan memberikan peluang kesempatan berusaha bagi masyarakat,” ujar Puspayoga, usai meresmikan pasar desa Sumberroro, kec Donomulyo Kab Malang, Selasa (24/1).

Pasar desa atau pasar rakyat tersebut dikelola oleh Koperasi Unit Desa (KUD) Karya Mulyo, Donomulyo kab Malang bekerja sama dengan pemerintahan desa setempat.

Menkop Puspayoga menjelaskan, aspek peluang tata kelola tersebut antara lain bidang keamanan, kebersihan, perparkiran sampai kuli panggul

“Bidang-bidang tersebut hanya sebagian kecil saja. Koperasi juga bisa mengakses peluang kerjasama dengan pihak lain seperti perbankan atau lembaga keuangan untuk mendukung modal usaha dari pedagang pasar,” jelasnya.

Terhadap pedagang pasar, Puspayoga berharap pedagang mampu memanfaatkan pasar rakyat yang pembangunannya dibiayai Kementerian Koperasi dan UKM ini.
“Utamakan yang dijual merupakan produk lokal sehingga keberadaan pasar desa ini mampu mendukung perekomian daerah,” pesannya.

Dalam kesempatan tersebut Menkop dan UKM juga menyerahkan program strategis Kementerian yaitu pemberian Nomor Induk Koperasi (NIK), Ijin Usaha Mikro Kecil (IUMK), Hak Cipta, Akta Koperasi, Kredit Usaha Rakyat (KUR), dana bergulir dan pelatihan kewirausahaan.

Membangun dari Desa

Sementara itu Bupati Kab Malang Rendra Kresna menyatakan kehadiran Menkop dan UKM ke desa yang lokasinya berdekatan dengan pantai selatan Kab Malang ini menunjukkan pemerintah serius dalam menjalankan Nawa Cita khususnya membangun dari pinggiran.

“Saya sangat menghargai kedatangan pak Menkop ke pelosok Desa ini hanya untuk meresmikan pasar rakyat, ini adalah bukti konkret tekad pemerintah untuk membangun dari desa,” katanya.

Pasar Desa Sumberoto yang dibangun dengan dana APBN memiliki kapasitas 100 PKL. Rendra mengatakan kehadiran pasar rakyat di pusat pusat desa akan banyak membantu menunjang perekonomian kab Malang yang memiliki jumlah penduduk 3,2 juta jiwa ini. (Agus)

Advertisements
By jurnalibukota Posted in Ekonomi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s