Gallery

Ragil: Derrma.com Marketplace Online Pertama yang Gabungkan Jual-beli dan Donasi

JAKARTA, JURNAL IBUKOTA. COM: Founder dan CEO Derrma.com Ragil Bayu Adhi mengatakan perusahaannya merupakan sebuah online marketplace berbasis website pertama dan satu-satunya yang menggabungkan antara kegiatan jual beli dan donasi.

“Sebagai perusahaan baru yang bergerak dalam bidang jasa berbasis internet, PT DerrmaKom Indonesia meluncurkan aplikasi digital pertama yang bernama Derrma.com,” kata Founder dan CEO Derrma.com Ragil Bayu Adhi pada peluncuran website Derrma.com di Jakarta, Jumat (13/1/2017).

Menurut Ragil, aplikasi ini memungkinkan pada pemilik bisnis atau perorangan untuk menjual barang (baru atau bekas) atau jasa.

“Selain menjual barang, aplikasi ini mengajak para penjual barang untuk berdonasi dengan mewajibkan para penjual (seller) menentukan berapa persen (dengan besaran mulai 1% sampai 100%) yang akan didonasikan dari harga jual barang,” katanya.

Menurut Ragil, penjual dapat menentukan atau memilih ke yayasan mana donasi tersebut akan disalurkan. Tentunya yayasan yang telah bekerja sama dengan Derrma.Com.

“Yayasan- yayasan yang telah bergabung dengan Derrma.com juga tidak asal comot. Selama kurang lebih empat bulan sebelum aplikasi ini diluncurkan, saya terjun langsung ke beberapa kota besar di Indonesia untuk melihat, mengenalkan dan mengajak langsung yayasan- yayasan untuk bekerjasama dengan derrma.com sebagai Wakil dari setiap daerah yang telah dikunjungi,” katanya.

Menurut dia, selain Aksi Cepat Tanggap (ACT) sebagai salah satu Yayasan kemanusiaan yang mewakili Jakarta, Derrma.com telah merambah ke Yayasan MIS Darul Ulum di Ambalawi, Bima, Nusa Tenggara Barat.

“Yayasan tersebut fokus ke dunia pendidikan/ sekolah gratis bagi masyarakat sekitar, di mana seorang mantan supir bus bernama M. Saleh (Bang Alan) sebagai pemilik sekaligus pengelola yayasan tersebut,” ujarnya.

Derrma.com juga merangkul mantan pedagang asongan bernama Nur Fadli dari Jember yang dikenal masyarakat sekitar sebagai pendiri lima sekolah gratis di kota tersebut.

“Masih banyak lagi yayasan kemanusiaan yang telah bergabung dari beberapa kota di Indonesia antara lain Nyfara Foundation dan Yayasan KKSP yang mewakili kota Medan, sementara dari kota Yogyakarta adalah Yayasan Kasih Anak Kanker, Panti Hafara dan Wildlife Rescue Center (WRC) telah turut bergabung,” tuturnya.

Menurut dia, setiap yayasan telah bekerja sama akan memiliki halaman profil pada website derrma.com yang dapat diakses oleh siapa pun.

“Para pengguna aplikasi ini dapat memonitor hasil donasi dengan adanya fitur riwayat donasi yang ditampilkan secara transparan pada setiap halaman yayasan,” tambahnya.

Menurut dia, yayasan lain dari seluruh Indonesia yang ingin bergabung dapat dengan mudah melakukan pendaftaran melalui aplikasi derrma.com dan akan melewati proses verifikasi terlebih dahulu.

Ragil berharap aplikasi ini dapat disambut hangat oleh masyarakat Indonesia.

“Dengan segala keterbatasan, saya akan sekuat tenaga memperkenalkan website derrma.com kepada masyarakat Indonesia,” katanya. (Agus)

Advertisements
By jurnalibukota Posted in Bisnis

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s