Gallery

Basuki: Perbaikan Jembatan Cisomang Ditargetkan Selesai Maret 2017

PURWAKARTA, JURNAL IBUKOTA. COM: Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono Kamis sore (12/1/2017) meninjau perkembangan perbaikan Jembatan Cisomang yang berada di KM 100+700 pada Jalan Tol Purwakarta – Bandung – Cileunyi (Purbaleunyi) Jawa Barat.

Secara keseluruhan Menteri Basuki mengatakan bahwa Jembatan Cisomang dapat diselesaikan sesuai jadwal yang ditetapkan, yakni pada 31 Maret 2017 yang akan datang. Sebelumnya sejak tanggal 23 Desember 2016 silam telah dilakukan pembatasan lalu lintas dengan hanya membolehkan kendaraan Golongan 1 (kecil – non bus) yang dapat melewati Jembatan Cisomang selama masa perbaikan 3 bulan.

“Saat ini telah dilakukan berbagai kajian awal dan persiapan lingkungan kerjanya. Mudah-mudahan kalau lancar mulai hari Senin, 16 Januari 2017, akan dimulai penanganan dengan konstruksi bore pile. Insya Allah, akhir Maret 2017 target penyelesaian pekerjaan masih bisa kita penuhi,” tutur Basuki.

Turut mendampingi Menteri Basuki dalam tinjauan lapangan ini Direktur Jembatan Hedy Rahadian dan Kepala Biro Komunikasi Publik Endra S. Atmawidjaja, serta tim LAPI ITB dan PT Jasa Marga.

Secara lebih detail, Basuki menjelaskan total tiang pancang (bore piles) yang dipasang berjumlah lebih kurang 50 buah. Teknisi sedang mencari lapisan batuan breksi untuk meletakkan bored piles tersebut. Selain itu, antara pilar P2 dengan P3 juga akan diikat dengan kolom baja (strutting) sepanjang 30 meter. Serta pilar P1 dan P2 akan diberikan penguatan dengan pemasangan Fiber Reinforced Polymer (FRP).

Mengenai pergerakan tanah, Basuki mengatakan saat ini masih dalam kondisi aman, dan terus dilakukan monitoring intensif dengan teknologi _Robotic Total Station_ secara kontinyu 24 jam, terutama pada musim hujan di mana debit air dapat memberikan pengaruh pada pergeseran struktur jembatan.

Lebih lanjut, berdasarkan perhitungan di lapangan dan pengalaman empiris lainnya, Basuki memperkirakan anggaran yang dibutuhkan untuk penanganan jembatan Cisomang berkisar Rp 70 miliar.

Dalam penanganan Jembatan Cisomang, Kementerian PUPR didampingi oleh tenaga ahli dari berbagai disiplin, antara lain yang berasal dari Komisi Keamanan Jembatan Panjang dan Terowongan Jalan (KKJTJ), LAPI ITB, dan PT Jasa Marga selaku pengelola jalan tol.

Dalam kaitan pengembangan wilayah ke depan, perlu dikaji dan didorong lebih cepat jaringan jalan tol yang menghubungkan Kawasan Metropolitan Jabodetabek dengan Kawasan Metropolitan Cekungan Bandung melalui jalur Jakarta – Bogor – Ciawi – Sukabumi – Cianjur – Padalarang. Dengan demikian beban lalu lintas tidak hanya tertumpu pada ruas Tol Jakarta – Cikampek – Purwakarta – Padalarang (Cipularang). Masyarakat akan memiliki pilihan jalur yang lebih banyak dan tentunya keselamatan dan kenyamanan pengguna jalan tol dapat lebih terjamin. (*/Agus)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s