Gallery

Penanganan Jalan Pantura Akan Gunakan Kontrak _Long Segment

SEMARANG, JURNAL IBUKOTA. COM: Penanganan Jalan Pantai Utara (Pantura) Jawa khususnya di provinsi Jawa Tengah akan menggunakan kontrak _long segment_ yakni pelebaran, rekonstruksi, rehabilitasi dan pemeliharaan jalan termasuk median jalan dalam satu kontrak sehingga akan lebih efektif.

“Untuk jalan pantura saat ini akan digunakan kontrak _long segment_ di tahun 2017 ini. Saat ini sedang menunggu masa sanggah untuk ditandatangani kemudian langsung jalan. Jadi memang ini (kontrak _long segment_) sudah termasuk program preservasi dan pemeliharaan termasuk juga pemeliharaan median jalannya,” tutur Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono ditemui di sela peninjauan ke jalur Pantura Jawa Tengah (7/1/2016).

Basuki menilai kondisi median dan marka jalan di sepanjang pantura ini memerlukan perbaikan dan pemeliharaan dan hal tersebut nantinya akan termasuk dalam kegiatan kontrak _long segment_.

Sementara itu Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) VII Direktorat Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR Achmad Herry Marzuki mengungkapkan bahwa paling lambat kontrak tersebut ditandatangani di minggu keempat bulan Januari.

“Kita (BBPJN VII) kita sudah mengadakan pelelangan dini dan pada minggu kedua dan keempat kami ada 37 penandatanganan kontrak paket pekerjaan, salah satunya kontrak _long segment_ di ruas pantura,” tutur Herry.

Kontrak _long segment_ tersebut akan dilaksanakan untuk seluruh penanganan jalan di pantura Jawa Tengah pada tahun 2017. Herry mengatakan bahwa pihaknya membagi menjadi 3 wilayah pekerjaan yaitu wilayah barat dari batas Jawa Barat (Brebes) sampai dengan Plelen dianggarkan sebanyak Rp 120 miliar, wilayah Metro dari Plelen – Metro Semarang Rp 70 miliar dan wilayah timur dari Metro Semarang sampai batas Jawa Timur Rp 44 miliar.

“Kenapa di wilayah barat paling besar karena kerusakannya cukup besar di sana, sedangkan wilayah timur cukup stabil,” pungkas Herry.

Panjang jalan nasional sendiri saat ini mencapai 47.017 Km. Sebagian besar penanganannya tahun ini akan menggunakan kontrak _long segment_. (ril/Agus)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s