Gallery

PUPR Rehabilitasi 18.000 Ha Jaringan Irigasi Delta Brantas

SIDOARJO, JURNAL IBUKOTA. COM: Dalam rangkaian kunjungan kerja ke Jawa Timur, Menteri Kordinator Perekonomian Darmin Nasution, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono dan Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara juga berkunjung ke Bendung Pajaran di Mlirip Rowo, Kecamatan Tarik, Kabupaten Sidoarjo, Jumat (6/1).

Pada kunjungan tersebut, Darmin mengatakan, hingga saat ini banyak lahan konservasi dan lahan sawah yang dikonversi menjadi lahan perumahan dan kawasan industri seperti di kota-kota besar yakni di Tangerang, Bekasi dan Sidoarjo.

Untuk itu Darmin berharap kepada semua daerah di Indonesia mematuhi peraturan perencanaan tata ruang wilayah yang telah ditetapkan.

“Kita tidak jauh dari swasembada pangan. Untuk itu, menjamin ketersediaan air menjadi sangat penting. Jaga hulu dan hilir, kendalikan alih fungsi lahan irigasi (sawah berkelanjutan),” tegasnya.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah menyampaikan kondisi infrastruktur sumber daya air di Sidorajo yang membutuhkan dukungan rehabilitasi jaringan irigasi. Mengingat, Kabupaten Sidoarjo ditunjuk pemerintah sebagai lumbung pangan nasional. Di samping itu Bupati Sidoarjo juga meminta bantuan anggaran untuk penanganan banjir di Kabupaten Sidoarjo.

Saiful llah juga menyampaikan terima kasihnya karena Menteri PUPR dan rombongan sudah melihat langsung kondisi Bendung Pajaran yang merupakan akses dari dua jalur yakni Kanal Magetan dan Kanal Porong.

Menurut Bupati Sidoarjo ada beberapa program yang harus dilakukan ke depan. Seperti rehabilitasi irigasi Delta Brantas secara menyeluruh, dan pembangunan _long storage_ di Sungai Kalimati yang tembus ke Kanal Porong dan ada sudetan menuju Kalimati. Saiful Ilah menjelaskan Untuk rehabilitasi irigasi Delta Brantas sudah diusulkan dan sekarang masuk dalam daftar pembangunan jangka panjang.

Menanggapi hal tersebut, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan bahwa tahun ini dan tahun berikutnya, pemerintah sudah mencanangkan untuk program rehabilitasi irigasi Delta Brantas.

“Akan kami benahi. Untuk 22 ribu hektar lahan irigasi, 18 ribu merupakan tanggung jawab kami di pemerintah pusat. Tahun ini, pemerintah memang memprogramkan rehabilitasi,” tutur Basuki.(Agus)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s