Pembangunan Infrastruktur Asian Games 2018 Ditargetkan Selesai November 2017

JAKARTA, JURNAL IBUKOTA. COM: Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan bahwa seluruh pekerjaan konstruksi infrastruktur Asian Games XVIII-2018 akan selesai sesuai waktu yang direncanakan yakni November 2017 dengan kualitas sesuai standar Olympic Council of Asia (OCA), federasi olahraga internasional dan standar olahraga nasional.
Demikian disampaikannya dalam pertemuan 5th OCA Coordination Committe Meeting Jakarta 2016, di Jakarta, Rabu (14/12). Dalam acara tersebut turut hadir Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani, Chairman of OCA Coordination Committee, Tsunekazu Takeda, Presiden INASGOC (Panitia Pelaksana Asian Games) Erick Thohir, Direktur Jenderal Cipta Karya Sri Hartoyo, Ketua Satgas Asian Games Imam S. Ernawi, Direktur Bina Penataan Bangunan Adjar Prajudi, Direktur Rusun Kuswardono dan Kepala Biro Komunikasi Publik Endra S. Atmawidjaja.

Sementara itu menjawab permintaan dari Chairman of OCA Coordination Committee, Tsunekazu Takeda, agar dilakukan percepatan penyelesaian infrastruktur Asian Games, Menteri Basuki telah memerintahkan kontraktor untuk melakukan waktu kerja 3 shift per hari selama 7 hari. Di samping itu kontraktor juga diminta menggunakan metode kerja yang efisien.

Menteri Basuki menambahkan infrastruktur Asian Games juga siap digunakan pada pertandingan uji coba (test event) yang akan digelar sebelum Asian Games.

Terkait progres pembangunannya, disampaikannya bahwa rata-rata progres pekerjaan konstruksi 11 venue olahraga yakni Stadion Utama, Stadion Renang, Lapangan Hockey, Lapangan Sepakbola A/B/C, Panahan, Stadion Tennis, Istora, per 14 Desember 2016 telah mencapai 12 persen dan progres tersebut masih sesuai jadwal.

Seperti diketahui bahwa Pekerjaan pelaksanaan pembangunan/rehabilitasi venue GBK terbagi tujuh paket yaitu AG 1 (Stadion Utama), AG 2 (Training Facility), AG 3 (Stadion Renang), AG 4 (Lapangan Hoki, Panahan, dan Sepakbola A/B/C), AG 5 (Istora), AG 6 (Stadion Tenis Indoor dan Centercourt) dan AG 7 (Stadion Madya, Stadion Softball, Baseball dan Gedung Basket).

Wisma Atlet

Menteri Basuki menyampaikan bahwa untuk pembangunan Wisma Atlet Kemayoran saat ini progresnya di atas rencana yakni 37 persen dari rencana 35 persen. Dia menjelaskan bahwa Wisma Atlet Kemayoran terdiri dari 10 tower.

Tiga menara rumah susun (rusun) dibangun di Blok C2 dengan kapasitas 1.932 unit hunian dan tujuh menara di Blok D10 dengan jumlah 5.494 unit hunian. Setiap unit memiliki luas 36m2 yang dapat dihuni oleh tiga orang. Pada Blok D10 juga akan ada ruang makan dengan kapasitas 2.500 orang.

Untuk pembangunan rumah susun (rusun) Jakabaring, Palembang yang akan digunakan sebagai wisma atlet untuk Asian Games XVIII-2018 ditargetkan selesai pada Desember 2016. Saat ini, dari lima rusun yang dibangun, dua tower di antaranya masih dalam tahap pembangunan oleh Kementerian PUPR, sementara tiga tower lainnya sudah selesai pada tahun 2015 lalu. (*/Agus)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s