Gallery

Kementerian PUPR Mendorong Penggunaan Baja Konstruksi Dalam Negeri

JAKARTA, JURNAL IBUKOTA. COM: Dalam upaya mendorong penggunaan baja produksi dalam negeri, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal Bina Konstruksi, telah menerbitkan Buku Katalog Produk Baja Konstruksi. Katalog tersebut nantinya akan menjadi bahan referensi, informasi, dan edukasi bagi para pembina, perencana, penyelenggara, penyedia jasa, akademisi, dan asosiasi serta seluruh stakeholder dalam merencanakan dan menentukan jenis produk baja konstruksi yang akan digunakan.

“Pemerintah bekerja sama baik dengan produsen, pengguna, akademisi, dan asosiasi dalam memberikan informasi dan edukasi terkait beton pracetak dan prategang serta baja konstruksi,” ujar Direktur Jenderal Bina Konstruksi Yusid Toyib saat membuka Bimbingan Teknis Perencanaan Dan Pelaksanaan Konstruksi Menggunakan Beton Pracetak sekaligus Bimbingan Teknis Rancang Bangun Konstruksi Baja di Jakarta, Kamis (01/12).

Yusid menyatakan salah satu isu strategis industri baja nasional yang menjadi perhatian pemerintah saat ini adalah belum berkembangnya industri pengolahan bahan baku baja di dalam negeri. Bahan baku yang digunakan oleh industri baja dalam negeri sebagian besar masih tergantung oleh impor.

“Teknologi produksi industri baja dalam negeri yang belum banyak mengaplikasikan peleburan baja terintegrasi menyebabkan total biaya produksi menjadi lebih tinggi,” tuturnya.

Untuk itu dia menyatakan dalam rangka meningkatkan daya saing industri beton pracetak dan prategang nasional beberapa hal yang perlu menjadi tindak lanjut bersama, antara lain mengembangkan jejaring kerja sama antar pelaku rantai pasok material beton pracetak dan prategang, mengembangkan skema pembiayaan yang kompetitif (persyaratan, suku bunga, kredit, asuransi, hak guna pakai, penjaminan) untuk lebih mendorong pengembangan industri beton pracetak dan prategang serta membuat langkah strategis bersama dalam upaya meningkatkan persentase penggunaan beton pracetak dan prategang.

“Dalam waktu dekat perlu dilakukan sinergi antara industri beton pracetak dan prategang bersama perusahaan baja dalam negeri dalam upaya mendukung pasokan baja tulangan dan PC Strand,” tambahnya.

Menurut Yusid, industri beton pracetak dan prategang adalah industri yang memiliki karakter dengan keunggulan utama, yaitu kualitas material beton lebih terjamin, jaminan kontinuitas proses produksi material beton sehingga pelaksanaan konstruksi dapat terjaga dan lebih akurat, serta waktu pelaksanaan atau pembangunan kontruksi lebih cepat dengan produk konstruksi lebih berkualitas dan aman.

Untuk itu dia berharap hasil dari kegiatan Bimbingan tersebut dapat meningkatkan pengetahuan tentang industri dan teknologi beton pracetak dan prategang serta baja konstruksi serta menjadi sarana komunikasi bagi seluruh stakeholder maupun shareholder dalam mengidentifikasi, merumuskan dan menyelesaikan permasalahan atau hambatan dalam upaya mendorong kemandirian industri beton pracetak dan prategang serta baja konstruksi nasional. (Agus)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s