Gallery

Menteri Puspayoga Imbau Mall Beri Ruang Pamer bagi UKM dan Industri Kreatif

SURABAYA, JURNAL IBUKOTA. COM: Menteri Koperasi dan UKM, Puspayoga menghimbau pusat perbelanjaan atau Mall untuk memberikan ruang pamer bagi Usaha Kecil dan Menengah (UKM) dan Ekonomi Kreatif, untuk bisa tumbuh dan berkembang.
“UKM dan industri kreatif, akan menjadi tulang punggung perekonomian Indonesia ke depan, namun mereka butuh dukungan untuk bisa berkembang,” ujar Menkop Puspayoga, dalam acara Festival Budaya dan Ekonomi Kreatif Universitas Airlangga (Unair) 2016 di Grand City, Surabaya, Selasa (1/11/2016).
Ia menunjuk, apa yang dilakukan Unair dengan menggelar festival budaya dan ekonomi kreatif di Mall, adalah sebuah terobosan kreativitas. Apalagi produk kreatif yang ditampilkan juga penuh dengan nuansa budaya seperti wayang, batik dan keris, juga batu-batuan.
“Jarang ada festival ekonomi kreatif dan budaya cara yang memiliki semangat kreativitas yang tinggi, namun diadakan di Mall, biasanya kan digelar di Kampus, namun sekarang bisa digelar di Mall,” katanya. Menurut Menkop, hal ini layak ditiru Mall Mall lainnya. “Makanya saya juga minta Mal Mal yang ada di Surabaya maupun di daerah lain supaya bisa memberikan ruang kepada UKM dan ekonomi kreatif untuk pameran. Walaupun kita tahu, mal adalah barang branded, namun demi kemitraan, mall juga harus menggandeng UKM,” katanya.
Ekonomi kreatif yang berbasis budaya keris, batik dan wayang, menurut Menkop, tinggal diberi sentuhan kreativitas, semisal teknologi digital dan sebagainya agar bisa berkembang secara luas bahkan mendunia.
“Itulah hebatnya ekonomi kreatif, kalau idenya bagus banyak orang mau memodali, ekonomi kreatif hasilnya adalah ide-ide. Semakin banyak ide, maka modal akan mengikuti. Di luar negeri sudah banyak dipakai batik dengan sentuhan-sentuhan kreativitas,” katanya.
Menurut dia, pembangunan perekonomian membutuhkan pemerataan, yang dikenal dengan Indonesia sentris, bukan kewilayahan lagi. Itu sebabnya juga pemerintah membuat terobosan kebijakan satu harga untuk BBM.
“Kasihan orang papua kalau beli BBM sampai 100 ribu per liter, makanya kebijakan satu harga ini diterapkan di mana premium di Papua juga harganya Rp 6.400 per liter. Infratruktur juga diperbaiki, supaya ekonomi tidak biaya tinggi. Dan sektor Pariwisata juga demikian, karena jika bagus, maka UKM juga berkembang baik. Itu sudah menjadi rumus,” tambahnya.
Dukungan untuk UKM dan ekonomi kreatif, juga diberikan dalam bentuk suku bunga pinjaman yang makin rendah. Pada 2017, direncanakan suku bunga Kredit Usaha Rakyat (KUR) menjadi 7 persen dari 9 persen saat ini. Sentuhan Kreativitas
Rektor Universitas Airlangga Prof Muhammad Nasih menambahkan, dengan sentuhan kreativitas diyakini ekonomi kreatif berbasis budaya akan cepat berkembang.
Wayang kalau disentuh dengan teknologi tertentu, kreativitas tertentu, maka akan mengalahkan berbagai tayangan sinetron,” katanya sambil menambahkan, festival ini digelar dalam rangkaian . Dies Natalis ke-62 Unair yang bertema Unair untuk Indonesia yang adil dan beradab.

Sedangkan Ketua panitia, Bambang Tjahyono mengatakan, Wayang sudah diakui Unesco pada tahun 2003 sebagai kejeniusan leluhur bangsa Indonesia.
“Pasalnya wayang penuh dengan filosofi kehidupan, dan merupakan pertunjukan tertua dunia, udah 12 abad. Makanya sudah selayaknya dilestarikan,” katanya.
Dia menunjuk, lambang Unair yaitu Airlangga yang digali dari bumi Indonesia sendiri. “Kita sudah mengadakan lomba naskah. Jika pemenangnya dalang, maka tanggal 19 November, pemenang akan menggelar pertunjukan tokoh Airlangga,” katanya.
Selain wayang juga ada keris yang diakui Unesco tahun 2003, yang juga lekat dengan kehidupan bangsa Indonesia, dan juga batik yang diakui Unesco pada 2009. (Agus)

Advertisements
By jurnalibukota Posted in Ekonomi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s