Gallery

Kemenkop Sinergi dengan PPATK dan OJK dalam Pengawasan Koperasi

JAKARTA, JURNAL IBUKOTA. COM: Deputi Pengawasan Kemenkop dan UKM Suparno mengatakan dalam pengawasan terhadap koperasi di berbagai daerah, Kementerian Koperasi dan UKM menjalin kerjasama dengan Pusat Pengawasan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

“Melalui kemitraan ini diharapkan koperasi akan lebih berkualitas dan bukan sebagai lembaga keuangan yang digunakan untuk praktik moral hazard,” kata Deputi Pengawasan Kemenkop dan UKM Suparno dalam acara dialog dengan para wartawan di kantor Kemenkop UKM – Jakarta, Jumat (21/10/2016).
Suparno menegaskan, sebagai dasar kemitraan dengan PPATK kini sedang disusun draft kerjasamanya secara rinci.

“Jika sudah selesai semuanya akan dijadikan pedoman kebijakan pengawasan Kemenkop UKM. Hal ini mengacu pada aturan-aturan dalam koperasi yang mengedepankan nilai – nilai transparansi dan demokrasi,” terangnya.

Dalam pengawasan koperasi, kata Suparno, tidak bisa sekadar dipahami secara linier saja tapi perlu secara komperehensif di mana dalam pengawasan koperasi harus mengoptimalkan peran dari dewan pengawas koperasi.

“Agar bisa menuju pengawasan koperasi yang baik standardisasi dan sertifikasi bagi pengawas koperasi perlu dilakukan hal ini sesuai kebijakan pengawasan Kemenkop UKM. Selain mengoptimalkan peran dewan pengawas koperasi pemerintah juga mengoptimalkan peran dari satuan tugas pengawasan yang selama ini dibentuk di berbagai daerah rencananya akan terus ditambah jumlahnya secara bertahap,” ujarnya.

Selain dengan PPATK, Kemenkop UKM juga menjalin kerjasama dengan OJK terkait dengan pengawasan koperasi – koperasi primer yang ada di daerah – daerah. Dengan adanya pengawasan tersebut rasa kepercayaan masyarakat terhadap koperasi akan semakin tinggi dan hal ini sesuai dengan tujuan reformasi koperasi yang dijalankan oleh pemerintah.

“Tentunya selain OJK dan PPATK kami juga menjalin kerjasa dengan kepolisian, kehakiman dan kejaksaan,” paparnya. (Agus)

Caption
Deputi Bidang Pengawasan Kementerian Koperasi dan UKM Suparno didampingi Sekretaris Deputi Daniel Asnur, Asdep. Penilaian Kesehatan USP Asep Kamaruddin, Penerapan Sanksi Budi Suharto dalam Konferensi Pers di Jakarta, Jumat (21/10) terkait pengawasan Koperasi. Suparno menjelaskan akan terus bekerjasama dengan pemerintah daerah untuk sama-sama melakukan pengawasan kepada koperasi.

Advertisements
By jurnalibukota Posted in Ekonomi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s