Gallery

Sugiono: Kontribusi Sektor Kehutanan terhadap Perekonomian Nasional Terus Menurun

JAKARTA, JURNAL IBUKOTA. COM: Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Hutan Indonesia (APHI) Sugiono mengatakan Indonesia mempunyai kekayaan sumber daya hutan yang sangat besar untuk menopang Perekonomian nasional dan sejarah telah membuktikan bahwa sektor kehutanan telah beberapa kali menyelamatkan Indonesia dari krisis.

“Namun faktanya saat ini kontribusi sektor kehutanan terhadap Perekonomian nasional terus menurun dari tahun ke tahun dan belum mampu memanfaatkan potensi sumber daya hutan menjadi keunggulan komparatif dan keunggulan kompetitif,” kata Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Hutan Indonesia (APHI) Sugiono pada pembukaan Munas APHI Tahun 2016 di Jakarta, Rabu (19/10/ 2016).

Acara tersebut dibuka oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar yang sekaligus meluncurkan buku Roadmap Kehutanan Indonesia 2016-2045.

Menurut Sugiono, munas yang mengangkat tema ‘Mewujudkan Bisnis Kehutanan Sebagai Sektor Unggulan Strategis yang Berwawasan Lingkungan’ merupakan agenda 5 Tahunan APHI yang merupakan forum pertanggungjawaban Dewan Pengurus APHI masa bakti 2011-2016.

Menurut Sugiono, kondisi penrunan kinerja sektor kehutanan tersebut disebabkan salah satu nya banyaknya perusahaan yang tidak aktif karena beberapa faktor seperti biaya transaksi yang menimbulkan ekonomi biaya tinggi, risiko bisnis yang meningkat, regulasi yang kurang kondusif, lemahnya status lahan kehutanan, serta harga kayu dalam negeri yang terlalu rendah.

“Dampak langsung dari kondisi tersebut di antaranya adalah tidak tercapainya target produksi kayu bulat dan belum terpenuhinya target penanaman di HTI,” katanya.

Sugiono mengatakan bahwa tanpa adanya terobosan yang signifikan, kinerja sektor kehutanan akan terus melemah dan kontraproduktif dengan upaya mendorong kenaikan pajak dan PNPB serta pemanfaatan sumber daya hutan secara optimal dan lestari untuk mendukung kegiatan pembangunan berkelanjutan.

Menurut Sugiono, dalam pertemuan dengan Presiden pada 12 Februari 2016 untuk mencari solusi berbagai permasalahan yang dihadapi sektor kehutanan, Presiden menyampaikan harapan yang besar kepada sektor kehutanan untuk tumbuh dan bangkit kembali.

“Presiden memberi arahan bahwa harus ada pergeseran orientasi pengelolaan hutan Indonesia, dari yang bertumpu pada pemanfaatan hutan alam ke arah hutan tanaman dengan merumuskan kembali strategi untuk mendorong HTI dan HTR,” katanya. (Agus)

Advertisements
By jurnalibukota Posted in Bisnis

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s