Gallery

Grab Luncurkan Layanan GrabHitch (Nebeng)

JAKARTA, JURNAL IBUKOTA. COM: Grab, platform pemesanan layanan kendaraan terkemuka di Asia Tenggara, hari ini kembali meluncurkan layanan berbagi kendaraan roda dua pertama, yakni GrabHitch (Nebeng) yang menawarkan perjalanan jarak jauh door-to-door dengan biaya paling terjangkau untuk para komuter yang tinggal di wilayah pinggiran Jakarta, seperti Bekasi, Depok, dan Tangerang.

GrabHitch (Nebeng) merupakan layanan berbagi tumpangan menggunakan sepeda motor dengan sistem terjadwal yang mencocokkan pengemudi yang melakukan perjalanan ke tempat kerja dengan penumpang dengan arah/rute yang sama, sehingga memungkinkan keduanya melakukan perjalanan bersama-sama. Layanan ini diharapkan dapat mengurangi jumlah kendaraan yang melintas di jalan sehingga dapat mengurangi kemacetan di Jakarta.

GrabHitch (Nebeng) berupaya menjembatani kesenjangan yang ada di pasar, di mana terdapat keterbatasan jumlah layanan transportasi door-to-door berbiaya rendah dari wilayah pinggiran ke pusat kota Jakarta.
Sebanyak 69.46 persen dari 1.38 juta komuter melakukan perjalanan sehari-hari dengan kendaraan pribadi dari wilayah pinggiran ke pusat kota, meskipun harus menghadapi kemacetan pada jam sibuk.

Jaringan transportasi publik yang menghubungkan wilayah satelit Jakarta ke pusat kota saat ini masih berada dalam tahap pembangunan, sementara pemesanan layanan seperti taksi masih tergolong sulit sebagaimana mayoritas pengemudi komersial terkonsentrasi di pusat kota.

GrabHitch (Nebeng) berupaya menjembatani kesenjangan yang ada dengan memberikan peluang bagi pengemudi yang melakukan perjalanan setiap harinya ke pusat kota dengan menerapkan sistem ‘carpool’ atau ‘bike-pool’ dengan penumpang, sehingga semakin banyak pengemudi yang tersedia untuk mengatasi kebutuhan transportasi pada jam-jam sibuk pagi dan sore hari,” tutur Ridzki Kramadibrata, Managing Director, Grab Indonesia.

Ia menambahkan, “Banyak pula komuter yang menggunakan layanan berbiaya rendah seperti bus dan kereta, namun mereka harus berganti layanan beberapa kali untuk mencapai tempat tujuan. GrabHitch (Nebeng) merupakan layanan yang tepat bagi penumpang yang menginginkan perjalanan jarak jauh door-to-door dengan biaya lebih terjangkau di antara bus atau kereta dan taksi pada umumnya.”

Studi internal yang dilakukan Grab terhadap 10.000 komuter Jabodetabek menunjukkan bahwa lebih dari 73 persen komuter melakukan perjalanan seorang diri ke tempat mereka bekerja menggunakan kendaraan pribadi, baik mobil maupun motor. Sementara itu, studi yang sama mengungkapkan bahwa 70 persen dari mereka bersedia untuk berbagi tumpangan untuk mendapatkan penghasilan tambahan guna menutupi biaya bahan bakar.

Pengemudi sepeda motor yang melakukan perjalanan menuju tempat kerjanya kini dapat mengurangi biaya perjalanannya dengan tarif GrabHitch (Nebeng) yang dirancang untuk menutupi variabel biaya pengemudi, seperti bahan bakar dan depresiasi kendaraan. Tarif perjalanan dengan GrabHitch (Nebeng) dihitung berdasarkan jarak perjalanan dan diinformasikan di muka sehingga memungkinkan penumpang untuk mempertimbangkan biayanya sebelum melakukan pemesanan. (Agus)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s