Gallery

Jembatan Darurat Pangandaran Akan Selesai 2 Minggu

PANGANDARAN, JURNAL IBUKOTA. COM: Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat bergerak cepat guna memulihkan lalu lintas yang menuju dan keluar Pangandaran akibat amblesnya Jembatan Ciputrapinggan di Kabupaten Pangandaran pada hari Minggu (9/10) malam lalu.

Selasa siang (11/10), truk-truk pengangkut rangka Jembatan Bailey dari Balai Besar Pelaksanaan Jalan Wilayah VI, Ditjen Bina Marga sudah tiba di lokasi. “Saya sudah cek jembatan baileynya dan kita turunkan hari ini. Besok pagi (Rabu, 12/10) kita pasang. Diperkirakan bila cuaca baik, 2 minggu selesai” jelas Staf Ahli Menteri PUPR Bidang Keterpaduan Pembangunan Danis H. Sumadilaga di lokasi jembatan ambles tersebut.

Sementara untuk penanganan permanen, menurutnya, masih ada beberapa opsi, namun ditargetkan Bulan Desember, jembatan permanen sudah selesai. “Teman-teman dari Balai sudah siap sejak Senin pagi di lapangan, material sudah ada, kita siap kerja keras agar pelayanan kepada masyarakat bisa kembali normal,” terangnya.

Penanganan kerusakan jalan juga dilakukan di Kota Banjar di mana banjir menggerus badan jalan sehingga tidak bisa dilewati. “Untuk penanganan jalan di Banjar kita langsung buat permanen, karena lalu lintasnya memiliki jalan alternatif,” kata Danis.

Penanganan yang dilakukan, tambah Danis, bisa berupa pemasangan jembatan beton, jembatan aramko baja bergelombang atau pemasangan box culvert ukuran 2×2 sebanyak 4 buah. “Pilihan tergantung ketersediaannya, ditargetkan sebulan selesai,” ujarnya.

Menurut dia, tergerusnya badan jalan tersebut akibat aliran air tersumbat sampah. Hal serupa terjadi di Jembatan Putrapinggan ditambah ada pipa PDAM yang patah sehingga ikut menahan sampah. Di samping kondisi debit air di anak Sungai Citanduy tersebut juga sangat deras.

Dengan kondisi cuaca hujan ekstrem saat ini, antisipasi terhadap kejadian serupa di tempat lain juga perlu dilakukan. (Agus)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s