Gallery

Jalan Pantai Selatan di Banyuwangi Tembus Seluruhnya pada 2018

BANYUWANGI , JURNAL IBUKOTA. COM: Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) saat ini tengah menyelesaikan pembangunan jalan lintas pantai selatan (Pansela) Jawa untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi daerah di Selatan Jawa. Total panjang jalan Pansela mulai dari Provinsi Banten hingga Jawa Timur yakni 1.604 Km. Pembangunan Jalan Pansela merupakan salah satu prioritas pembangunan pemerintah di bidang jalan.

Untuk Kabupaten Banyuwangi, Jalan Pansela tersisa 24 Km yang belum tembus dari total panjang jalan 106 Km. Sementara jalan yang sudah tembus, 13 Km merupakan jalan baru, sementara sisanya penanganan jalan yang sudah ada.

“Dari 24 kilometer yang belum tembus tersebut, sekitar 17 Km sudah bebas lahannya. Sementara 7 Km belum bebas dan kalau dikerjakan sekarang belum berfungsi karena dibatas Jember sana belum tembus ke Jalan Nasional. Mudah-mudahan akan kita selesaikan pada 2018 sambil menunggu Pemerintah Kabupaten melakukan pembebasan lahan,” kata Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono saat mendampingi Ketua DPR RI Ade Komarudin meninjau Jalur Jalan Pantai Lintas Selatan di Kabupaten Banyuwangi, Minggu (9/10).

Pada kesempatan tersebut hadir Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas, Dirjen Sumber Daya Air Imam Santoso, Staf Ahli Menteri Bidang Keterpaduan Pembangunan Danis Sumadilaga, Kepala Biro Komunikasi Publik Endra Atmawidjaja, Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan VIII, I Ketut Darmawahana dan Kepala Balai Besar Wilayah Sungai Brantas M. Amir Hamzah.

Terkait pembangunan tol Banyuwangi-Probolinggo), menurut Menteri Basuki saat ini sedang dalam proses tender dan mudah mudahan pada 2017 ini sudah kita mulai sepanjang 9,8 kilometer. “Jadi mudah mudahan itu (Tol Banyuwangi-Probolinggo) bisa kita lakukan 2017 nanti itu terusan dari trans jawa yang sampai surabaya ini,”terangnya.

Jalan Pantai Selatan di Provinsi Jawa Timur menghubungkan delapan kabupaten mulai dari Pacitan (87 km) Trenggalek ( 75,7 km), Tulungagung ( 55,1 km), Blitar(64,2 km), Malang (137 km), Lumajang (64,5 km), Jember (83,5 km), dan hingga Banyuwangi (106 km). (Iwn/Agus)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s