Gallery

Basuki: Kementerian PUPR Berusaha Kurangi Disparitas KBI dan KTI

JAKARTA, JURNAL IBUKOTA. COM: Menteri PUPR Basuki Hadimoeljono mengatakan pihaknya terus berusaha mengurangi disparitas antar wilayah dan kawasan agar pemerataan pembangunan di Kawasan Barat Indonesia dan Kawasan Timur Indonesia agar tidak terlalu njomplang (tidak seimbang).

“Selama ini pembangunan infrastruktur di Indonesia lebih berat ke kawasan Barat Indonesia. Namun sekarang kami berusaha mengurangi pembangunan di Barat dan mengarahkannya ke Kawasan Indonesia Timur,” kata Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan rakyat Basuki Hadimoeljono dalam konferensi pers 2 tahun Capaian Pembangunan Infrastruktur 2014- 2016, di Kementerian PUPR, Jakarta Jumat (7/10/ 2016).

Menurut Basuki, pada 2017 akan dibangun beberapa proyek jembatan yang diarahkan ke Kawasan Indonesia Timur adalah pembangunan jembatan Teluk Kendari, jembatan Holtekam dan Jembatan Pulau Balang.

“Total panjang jalan yang dibangun pada 2017 sedikitnya 11.855 m,” kata Basuki.

Untuk melayani konektivitas pada 2017, katanya, Kementerian PUPR akan membangun 828 km jalan baru, meliputi pembangunan jalan perbatasan, jalan Pansela Jawa dan Trans Papua.

Proyek yang ditangani pada 2017 meliputi penanganan jalan lintas Selatan Jawa, pembangunan jalan perbatasan Kalimantan, NTT dan Papua. Selain itu, pembangunan jalan Trans Papua.

“Pada 2017 pemerintah mendapat pagu anggaran Rp 105,56 triliun sesuai hasil Rapat kerja dengan Komisi ? Pada 6 September 2016,” katanya.

Menurut dia, target pembangunan infrastruktur PUPR 2017 untuk kedaulatan pangan/ketahanan air adalah pembangunan 39 bendungan (9 bendungan baru, 30 lanjutan dan 5 sudah selesai).

Target itu mencakup 84 ribu Ha pembangunan jaringan irigasi baru, 310 ribu ha rehabilitasi jaringan irigasi, 21 km pembangunan dan peningkatan sarana dan prasarana pengamanan pantai, 105 embung/ bangunan penampung air lainnya, 154 km pembangunan sarana dan prasarana pengendali banjir, 6 bh pengendali lahar/sedimen yang dibangun dan 4,45 m3/dtk pembangunan peningkatan sarana dan prasarana pengelolaan air baku. (Agus)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s