Gallery

LPDB dan Syarikat Islam Jalin Kerjasama untuk Kembangkan Ekonomi Syariah

JAKARTA, JURNAL IBUKOTA. COM: Direktur Utama Lembaga Pengelola Dana Bergulir (LPDB) KUKM Kemas Danial mengatakan kerjasama dengan Syarikat Islam merupakan langkah strategis lembaga itu dalam mengembangkan usahanya.

“Kesepakatan LPDB dan Syarikat Islam hari ini menjadi tonggak sejarah baru dalam mengembangkan ekonomi syariah,” kata Direktur Utama Lembaga Pengelola Dana Bergulir (LPDB) KUKM Kemas Danial seusai menandatangani kesepakatan bersama Ketua Umum Syarikat Islam Hamdan Zoelva di kantor LPDB, Jakarta, Kamis (29/9/2016).

Menurut Kemas, dalam kondisi ekonomi nasional yang agak timpang belakangan ini, maka kerjasama dengan Syarikat Islam sebagai mitra strategis diharapkan akan bisa memulihkan kondisi tersebut.

Menurut Kemas, mau atau tidak mau, suka atau tidak suka, usaha kecil menengah (UKM) telah menjadi ujung tombak perekonomian Indonesia.

“Karena itu sudah sepatutnya pemerintah dan kita semua memberi perhatian yang lebih besar kepada UKM yang telah menyelamatkan Perekonomian negeri ini dari keruntuhan ketika terjadi krisis multidimensi pada 1998,” katanya.

Menurut dia, itulah sebabnya perhatian pemerintah dicurahkan kepada UKM agar pertumbuhan ekonomi bisa mencapai 5,1%. Oleh karena itu, LPDB sebagai perpanjangan tangan pemerintah dalam membina UKM, sangat senang bekerjasama dengan Syarikat Islam yang berdiri pada 1905 didirikan oleh Samanhudi semula dengan nama Serikat Dagang Islam. Lalu berganti nama menjadi Syarikat Islam ketika di bawah HOS Tjokroaminoto.

Oleh karena itu, katanya, LPDB berusaha menggerakkan UKM melalui dana bergulir sehingga bisa mendorong perekonomian nasional lebih cepat lagi.

“Syarikat Islam merupakan lembaga masyarakat yang berbasis agama Islam dan menjadi tulang punggung perlawanan umat Islam terhadap sistem ekonomi kapitalis pada masa Kolonial Belanda,” kata Ketua Umum Syarikat Islam Hamdan Zoelva dalam kesempatan tersebut.

Menurut Hamdan, sekarang organisasi Syarikat Islam mempunyai basis kegiatan di Jawa Barat, oleh karena itu pihaknya akan memfokuskan kegiatan pembinaan di wilayah itu.

“Kami akan mendorong lembaga ekonomi mikro Bina Sari (Pembinaan Syariah) yang menjadi anggota Syarikat Islam agar berkembang menjadi kekuatan ekonomi yang bisa diperhitungkan,” katanya. (Agus)

Advertisements
By jurnalibukota Posted in Ekonomi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s