Gallery

PUPR Terbitkan Permen tentang Pedoman Analisis Harga Satuan Bidang Pekerjaan Umum

SORONG, JURNAL IBUKOTA. COM: Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) mensosialisasikan sejumlah pedoman dalam Standar Nasional Indonesia (SNI) dan sejumlah Inovasi teknologi guna menunjang penyelenggaraan infrastruktur bidang PUPR untuk mendukung percepatan pembangunan infrastruktur, khususnya di wilayah Timur Indonesia.

Sekretaris Balitbang PUPR, Bernaldy menyatakan salah satu pedoman yang sedang gencar disosialisasikan adalah Peraturan Menteri PUPR Nomor 28 Tahun 2016 tentang Pedoman Analisis Harga Satuan Pekerjaan Bidang Pekerjaan Umum.

“Salah satunya yang lagi ngetren adalah Pedoman Analisa Harga Satuan Pekerjaan yang telah diatur dalam Permen PUPR Nomor 28 tahun 2016 yang dimasukkan sebagai acuan dalam perhitungan pembangunan pemerintah, pengadaan barang dan jasa pemerintah, pengadaan bahan konstruksi dan bangunan, dan biaya jasa perawatan konstruksi baik itu kontraktor maupun konsultan,” kata Bernaldy saat membuka rangkaian kegiatan sosialisasi terpadu penyelenggaraan infrastruktur PUPR TOT Pedoman Analisis Harga Satuan Pekerjaan (AHSP) Bidang Pekerjaan Umum, di Sorong (27/9).

Analisa harga satuan pekerjaan tersebut merupakan perhitungan kebutuhan biaya tenaga kerja, bahan dan peralatan untuk mendapatkan harga satuan atau satu jenis pekerjaan di bidang pekerjaan umum. Pedoman ini menjadi acuan dalam menghitung biaya pembangunan sebagai kelengkapan proses pekerjaan konstruksi. Juga digunakan sebagai dasar menyusun Harga Perkiraan Sendiri (HPS) dan Harga Perkiraan Perencana (HPP).

Dia menambahkan Balitbang mempunyai tugas untuk mengukur mutu, layanan advis teknis, serta menawarkan kebijakan-kebijakan yang ada di Kementerian PUPR dalam merespon isu-isu strategis nasional Kementerian PUPR. Untuk itu menurut Bernaldy, Balitbang berkewajiban untuk menyampaikan kebijakan dan teknologi kepada seluruh pemangku kepentingan dalam penyelenggaraan infrastruktur PUPR.

“Untuk sasaran peserta kegiatan ini adalah seluruh provinsi di wilayah timur seperti pulau Papua, Papua Barat, Maluku dan Maluku utara,” ujarnya

Acara ini dihadiri oleh 150 orang yang terdiri dari wakil pemerintah Provinsi, pemerintah Kabupaten dan Kota, pelaku perumahan, pengamat, perguruan tinggi dan jasa konstruksi. Rangkaian kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Sekretaris Balitbang, Bernaldy dan juga dihadiri oleh Sekretaris Bappeda Omesimus Assem, Kepala Dinas PU Kota Sorong J. Sinaga, Kepala Balai Wilayah Sungai (BWS) Papua Barat Ehoy Koyari, Kepala BWS Papua Merauke Nimbo Rumaropen, Kepala BWS Papua Happy Mulya dan Kepala Pusat Litbang (Puslitbang) Sumber Daya Air Willian M. Putuhena. (Agus)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s