Gallery

Muhadjir: Peluang Bahasa Indonesia Menjadi Bahasa Internasional Sangat Besar

JAKARTA, JURNAL IBUKOTA. COM: Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy mengatakan peluang bahasa Indonesia untuk menjadi bahasa internasional sangat besar.

“Bangsa Indonesia sebagai pengguna bahasa Indonesia berada di tengah- tengah berbagai bangsa di Mikronesia. Posisi kita berada di pusat aliran bahasa Mikronesia. Jadi peluang untuk menjadi bahasa internasional, baik sebagai bahasa perdagangan, bahasa ilmu pengetahuan maupun bahasa pergaulan sangat besar,” kata Mendikbud Muhadjir Effendy setelah membuka Indonesia International Book Fair (IIBF) 2016 di Jakarta, Rabu (28/9/2016).

IIBF tersebut berlangsung hingga 2 Oktober 2016, diikuti oleh penerbit lokal dan luar negeri dari 14 negara, termasuk Malaysia yang menjadi tamu kehormatan.

Menurut Muhadjir, untuk bisa menjadi bahasa internasional bukan hanya memerlukan peran pemerintah saja, tapi seluruh pengguna bahasa Indonesia agar bahasa kita semakin dikenal dalam pergaulan internasional yang otomatis akan mengangkat martabat bahasa Indonesia.

“Apalagi dalam pameran buku ini pemerintah Indonesia berkolaborasi dengan pemerintah Malaysia sebagai tamu kehormatan dalam pameran, sehingga bisa semakin mempererat kerjasama dengan pemerintah Malaysia,” katanya.

Menurut dia, pihaknya sudah berbicara dengan Menteri Pendidikan Malaysia Dato’ Seri Mahdzir Khalid untuk menyeragamkan bahasa Melayu di Malaysia dengan bahasa Indonesia, sehingga bisa lebih kuat untuk berhadapan dengan bahasa lain di dunia.

Mendikbud mengatakan untuk memperkuat bahasa Indonesia, di tingkat SD dan SMP, akan ditingkatkan pendidikan karakter yang kontennya ditekankan pada literasi dan numerasi, yaitu kegiatan membaca dan berhitung.

“Kami fokus kegiatan tersebut di tingkat SD dan SMP sehingga pada saat Indonesia Emas pada 2045, akan lahir generasi yang lebih baik daripada generasi sekarang,” katanya. (Agus)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s