Gallery

Daryanto: Karya Budaya Tak Terlepas dari Nilai Budaya masyarakat Setempat

JAKARTA, JURNAL IBUKOTA. COM: Irjen Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Daryanto mengatakan sekecil apa pun karya budaya yang dihasilkan oleh seseorang atau pun komunitas kebudayaan, tidak terlepas dari nilai-nilai budaya masyarakat setempat.

“Penciptaan tersebut tentu tidak lahir begitu saja, apalagi jika karya tersebut telah hidup bertahun-tahun lamanya dan telah diwariskan dari generasi satu ke generasi berikutnya,” kata Irjen Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Daryanto ketika menyerahkan Anugerah Kebudayaan dan penghargaan maestro seni tradisi tahun 2016, di TIM, Jakarta, Jumat (23/9/2016).

Menurut Daryanto, karya yang tak lekang karena zaman, terutama karya-karya yang sifatnya tak benda, baik itu merupakan ilmu pengetahuan, kearifan lokal, nilai tradisi, dalam bentuk ekspresi (tari, musik, teater pantun) atau pun dalam bentuk karya senirupa seperti patung, lukisan, grafis maupun yang bersifat benda seperti karya arsitektural seperti bangunan, gedung dan lainnya.

“Semua nya mengandung makna, nilai filosofis yang dapat menimbulkan inspirasi baru dan ini bersifat positif,” katanya.

Menurut dia, nilai-nilai yang bersifat positif ini, memiliki dampak strategis terhadap pelstarian kebudayaan yang mencakup perlindungan, pengembangan dan pemanfaatan.

“Yang tidak kalah penting adalah di balik sebuah karya tersirat sosok atau pun tokoh yang memiliki komitmen kuat terhadap pewarisan nilai-nilai kebudayaan, baik yang tak benda maupun benda,” ujarnya.

Menurut dia, upaya menumbuhkan kebanggaan generasi muda terhadap karya budaya masa lamoau, masa kini dan inspirasinya bagi masa depan, sekaligus mengeleminir dampak negara dari pengaruh global.

“Direktorat Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan setiap tahun sejak 2012 menyelenggarakan Anugerah Kebudayaan dan Penghargaan Maestro Seni Tradisi sebagai program apresiasi dalam rangka penguatan karakter bangsa,” ujarnya.

Menurut Irjen, untuk membangun arti penting sebuah apresiasi baik dalam bentuk anugerah kebudayaan maupun penghargaan kepada maestro seni tradisi, pendokumentasian dan profil penerima anugerah kebudayaan dan juga maestro seni tradisi sangat penting.

“Ini menjadi penanda dalam memaknai momen penghargaan. Bahwa kita memiliki komitmen yang kuat untuk terus melestarikan dan mengembangkan kebudayaan bangsa Indonesia agar tetap mengakar dengan cara menghargai tokoh/insan Indonesia yang secara konsisten terus berkarya dan berkontribusi secara aktif dan intens,” katanya. (Agus)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s