Gallery

Basuki: Duta Sanitasi Adalah Anak-anak yang Beruntung

JAKARTA, JURNAL IBUKOTA. COM: Menteri PUPR Basuki Hadimoeljono mengatakan bahwa Duta Sanitasi adalah orang- orang yang beruntung karena tidak semua anak Indonesia memiliki kesempatan untuk mengikuti kegiatan yang baik dan berharga.

“Siapa yang mendapat beasiswa dari Kemdikbud?” tanya Menteri PUPR Basuki Hadimoeljono kepada para Duta Sanitasi 2016.

“Semua !!” Jawab para Duta Sanitasi 2016 tersebut.

Menurut Basuki, para Duta Sanitasi bukan hanya menerima beragam pengetahuan dan keterampilan, tapi juga dapat berkenalan dengan anak-anak dari seluruh Indonesia.

Basuki minta agar para Duta Sanitasi menyebarluaskan informasi, pemahaman dan pengalaman tentang sanitasi ini kepada keluarga, teman- teman di sekolah, kepada seluruh masyarakat yang dapat dijangkau oleh para Duta Sanitasi.

Selain itu, katanya, Duta Sanitasi diharapkan dapat menjadi agen perubahan masyarakat sehingga tercipta perilaku masyarakat yang peduli dengan sanitasi.

Pesan yang tidak kalah pentingnya yang dititipkan oleh Menteri PUPR bahwa Duta Sanitasi harus menjadi contoh atau teladan yang baik dalam berperilaku yang berkaitan dengan sanitasi, seperti dengan memberi contoh untuk tidak membuang sampah sembarangan, bahkan mengolahnya menjadi produk yang bermanfaat.

Keluar sebagai Duta Sanitasi Nasional juara I adalah Ahmad Alfarizy dari provinsi Sulsel, juara II Rahmalia Diani Saffana dari Provinsi Kalbar, Juara III Bernicha Alfitri dari Jawa Barat,
Keluar sebagai juara Harapan I dan II adalah Anisa Rusianti dari Kalsel dan Vanya Efferensia dari Kalteng.

Dewan juri memilih para juara tersebut setelah melalui serangkaian penilaian kepada para peserta. Dewan juri pemilihan Duta Sanitasi Nasional terdiri dari perwakilan Kementerian PUPR, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, perwakilan Kementerian Kesehatan, perwakilan Bappenas, pengajar dari fakultas Ilmu Budaya Universitas Indonesia, pengajar institut Kesenian Jakarta, serta ahli public speaking.

Selain itu, juga ada dewan juri kehormatan yaitu Nugie sebagai Sahabat Sanitasi, perwakilan Dharma Wanita Kementerian PUPR, dan Duta Sanitasi Nasional 2014. (Agus)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s