Gallery

Puspayoga: Koperasi Bisa Jadi Solusi untuk Sejahterakan Ekonomi Masyarakat

BEKASI, JURNAL IBUKOTA. COM: Menkop dan UKM AAGN Puspayoga mengatakan koperasi sebagai sokoguru ekonomi Indonesia harus dimajukan untuk bisa mensejahterakan masyarakat.

“Para pendiri negara (the Founding Fathers) sudah telah memikirkan jauh ke depan dengan memasukkan koperasi sebagai sokoguru ekonomi ke dalam UUD 1945,” kata Menkop UKM AAGN Puspayoga pada peringatan HUT Hari Koperasi Tingkat Provinsi Jawa Barat di Bekasi Town House, Bekasi, Selasa (2/8/ 2016).

Hadir dalam acara tersebut, Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan, Sesmenkop Agus Muharram, para deputi Kemenkop dan para pejabat setempat.

Menurut Menkop Puspayoga, peranan koperasi sebagai sokoguru perekonomian nasional kian terpanggil karena dengan sistem ekonomi liberal yang kita jalani, ternyata tidak membuat masyarakat sejahtera.

“Karena ternyata hanya 1% dari jumlah penduduk menguasai 55% perekonomian nasional,” katanya.

Menurut dia, Gini Ratio Indonesia sekitar 40% suatu angka yang menunjukkan tingkat kesenjangan yang tinggi antara golongan kaya dan miskin.

“Untuk menjembatani golongan kaya dan miskin itu, koperasi bisa menjadi solusinya,” tuturnya.

Puspayoga mengatakan bahwa koperasi bisa menjadi jalan keluar, terbukti Koperasi Warga Semen Gresik (KSWG) bisa mempunyai omzet Rp 4,5 triliun.

“Dengan membentuk koperasi, para karyawan pabrik Semen Gresik membuat papan gipsum yang membuat anggota koperasi semakin sejahtera,” katanya.

Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan dalam kesempatan yang sama mengatakan koperasi bisa menjadi solusi untuk mensejahterakan masyarakat.

“Sebenarnya masyarakat Indonesia banyak yang mampu. Hal itu terlihat dari banyak warga masyarakat yang tergoda iming-iming perusahaan investasi bodong, yang jumlahnya sampai miliaran rupiah,” katanya.

Kalau mereka berinvestasi di koperasi, katanya, mereka bisa mendirikan perusahaan sebagai anak perusahaan koperasi, sehingga bisa ikut berperan dalam pembangunan nasional dan ikut menikmati hasilnya.

“Bukan tidak mungkin koperasi mendirikan PT untuk masuk ke dalam perusahaan infrastruktur yang dibangun di Jawa Barat,” ujarnya. (Agus)

Advertisements
By jurnalibukota Posted in Ekonomi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s