Gallery

Hari Priyono: FAO Apresiasi Kenaikan Peringkat Indonesia di GFSI

JAKARTA, JURNAL IBUKOTA. COM: Sekretaris Jenderal Kementerian Pertanian RI, Hari Priyono mengatakan peringkat Indonesia di Global Food Security Index (GFSI) meningkat dari posisi ke-76 pada tahun lalu ke posisi 71 pada 2016 dari 113 negara yang dirating.

“Lembaga Food and Agriculture Organization (FAO) dari Perserikatan Bangsa-bangsa mengapresiasi kenaikan peringkat keamanan pangan Indonesia yang melonjak lima poin,” kata Sekretaris Jenderal Kementerian Pertanian RI, Hari Priyono setelah menerima perwakilan FAO di Kementerian Pertanian, Senin (1/8/2016).

Menurut Hari, Indonesia sebenarnya termasuk produsen pangan yang cukup besar, namun karena jumlah penduduk yang juga banyak membuat surplus pangan Indonesia hanya sedikit.

“Lembaga itu hanya memberi bantuan tenaga ahli (expert) karena Indonesia ketahanan pangan nya dianggap sudah jalan dengan menggunakan dana APBN,” kata Hari.

Menurut dia, angka indeks tersebut harus dicermati dalam kondisi perubahan iklim seperti sekarang ini.

“Kalau kondisi iklim normal, indeks keamanan pangan Indonesia membaik itu biasa,” katanya, sambil menambahkan bahwa kondisi iklim Indonesia diterpa El Nino yang dilanjutkan dengan La Nina.

“Hal ini meyakinkan kita bahwa Upaya khusus (Upsus) yang dijalankan pemerintah dalam hal ini Kementerian Pertanian sudah berjalan dengan baik (on the right track),” katanya.

Menurut dia, Indonesia mendapat masukan dari FAO agar terus meningkatkan ketahanan pangan untuk mewujudkan zero hunger.

“Kita sudah memetakan semua daerah yang rawan pangan. Syukurlah di negara kita tidak terjadi antrean pangan seperti di Afrika,” ujarnya.

Menurut Hari, pada tahun lalu FAO memberi bantuan teknis kepada Indonesia senilai US$97,8 juta. (Agus)

Advertisements
By jurnalibukota Posted in Ekonomi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s