Nelson: Penahanan terhadap 3 Komisioner Bawaslu Jawa Timur Hambat Pemilukada Kota Batu

JAKARTA, JURNAL IBUKOTA. COM: Komisioner Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Koordinator Divisi Hukum Nelson Simanjuntak mengatakan Bawaslu memandang bahwa penahanan terhadap tiga Komisioner Jawa Timur dapat menghambat proses pengawasan Pemilukada Kota Batu yang telah memasuki tahapan Pemilu.

“Ketiga komisioner Bawaslu Jawa Timur, di dalam proses penyidikan dan penuntutan tidak dilakukan penahanan, namun dalam tahap persidangan di Pengadilan Tipikor Jawa Timur, majelis hakim pada 17 Juli melakukan penahanan dengan alasan agar ketiga komisioner tersebut tidak menghilangkan alat bukti dan melarikan diri,” kata Komisioner Bawaslu Nelson Simanjuntak menanggapi kasus ditahannya tiga Komisioner Bawaslu Jawa Timur di Rutan Medaeng, Surabaya, dalam konferensi pers di Jakarta, Senin (25/7/ 2016).

Dalam konferensi pers tersebut Nelson didampingi Kepala Bagian Hukum Bawaslu Tagor F dan Kepala Bagian Humas Bawaslu Jhonly P. Merenter.

Menurut Nelson, pada Mei 2015 penyidik telah menetapkan ketiga Komisioner Bawaslu Provinsi Jawa Timur yaitu Dr. Sufyanto, S Ag, MSi, Sri Sugeng Pujiatmiko SH dan Andreas Pardede SiP, sebagai tersangka atas dugaan penyimpangan pengelolaan Anggaran Bawaslu Provinsi Jawa Timur yang bersunber dari dana hibah APBD tahun 2013.

Menurut Nelson, dalam dakwaan JPU terhadap ketiga komisioner Bawaslu Provinsi Jawa Timur tersebut hanya didakwa berupa Pertanggungjawaban Perjalanan Dinas yang Notabene adalah permasalahan administrasi dan tidak seharusnya memasuki ranah pidana.

Nelson mengatakan bahwa pada saat penydidikan pada 2015 penyidik telah memaksa Ketua Bawaslu Jawa Timur untuk melakukan pencairan dana hibah yang berasal dari jasa giro sekitar Rp 520 juta. Namun JPU dalam dakwaannya tidak menyebut-nyebut keberadaan dana pencairan jasa giro tersebut.

“Pemilukada Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur dilaksanakan pada Agustus 2013, namun sebelum pemilukada berlangsung Bawaslu Jawa Timur telah melakukan pengawasan Pemilukada jauh sebelum cairnya dana hibah Pemilukad APBD 2013,” katanya. (Agus)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s