Gallery

Amran: Pemerintah Akan Siapkan Lahan 380.000 Ha untuk Perkebunan Tebu

JAKARTA, JURNAL IBUKOTA. COM: Menteri Pertanian Amran Sulaiman mengatakan pemerintah akan mengolah tanah seluas 2 juta ha untuk tanaman pangan, terutama gula.

“Yang menjadi prioritas adalah komoditas gula dengan luas 381.000 ha, di mana telah ada 30 pengusaha yang siap mengembangkan industri tersebut,” kata Menteri Pertanian Amran Sulaiman setelah rapat pembahasan kerjasama peningkatan produksi melalui perluasan areal tanaman pangan di Kementan, Senin (18/7/2016).

Menurut Amran, untuk membangun sebuah pabrik gula diperlukan sedikitnya Rp 2 triliun- Rp 4 triliun. “Potensi ini harus kita optimalkan,” katanya.

Menurut dia, banyak pabrik yang mengalami idle capacity di mana kapasitas terpasangnya adalah 10.000 TCD, nmun bahan bakunya hanya 5.000 TCD.

“Pabrik yang mengalami idle capacity tersebut ada beberapa yaitu di Jawa Timur, Jawa Tengah, Lampung, Sulsel dan NTB,” katanya.

Dalam waktu dekat atas arahan Presiden Jokowi, katanya, dalam dua Minggu izin sementara akan kita terbitkan.

Menurut Amran, komoditas strategis yang diberi prioritas untuk pengembangan lahan ternak dan tanaman pangan tersebut adalah jagung, gula, sapi.

“Ini komoditas strategis yang kita prioritaskan. Alhamdulillah sudah menunjukkan hasil yang positif antara lain integrasi kelapa sawit-jagung,jagung- hutan. Berkat integrasi tersebut impor jagung nasional sudah turun 47%,” ujarnya.

Hal itu bisa tercapai, katanya, karena pihak terkait menghilangkan egoisme sektoral,

Dirjen Planologi dan Tata Lingkungan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan San Afri Awang mengatakan lahan seluas 2 juta ha gak diprioritaskan untuk tnaman pangan tersebut tersebar di beberapa provinsi.

“Provinsi- provinsi tersebut adalah Jawa Tengah, Jawa Timur, Lampung, Sulsel dan Papua,” kata San Afri.

(Agus)

Advertisements
By jurnalibukota Posted in Ekonomi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s