Gallery

Tujuh Pasis Susjemenstra Lulus dengan Predikat Cum Laude

JAKARTA, JURNAL IBUKOTA. COM: Pendidikan bagi Perwira Siswa (Pasis) Kursus Manajemen Strategik (Susjemenstra) TNI Angkatan Laut Angkatan ke-11 Tahun Pengajaran 2016 di Sekolah Staf dan Komando Angkatan Laut (Seskoal) telah berakhir dan ditutup oleh Komandan Seskoal Laksamana Muda TNI Herry Setianegara, S.Sos., S.H., M.M., Kamis (30/6/2016) di Kampus Seskoal, Cipulir, Jakarta Selatan.

Upacara penutupan pendidikan ditandai dengan pelepasan tanda siswa dan pemasangan Pin Susjemenstra oleh Danseskoal serta penyerahan piagam penghargaan kepada lulusan terbaik Mayor Laut (KH) Iwan Hariwanto, S.T., M.Han., juga kepada penulis dan penyaji taskap terbaik Mayor Laut (K/W) Ida Dwiningsih, M.Kep., Ns.

Pendidikan ini ditempuh selama 12 minggu, dan sejumlah 99 Pasis pada pendidikan Susjemenstra Angkatan ke-11 tersebut dinyatakan lulus dengan tujuh orang di antaranya menyandang predikat Cum Laude, masing-masing adalah Mayor Laut (KH) Iwan Hariwanto, S.T., M.Han., Mayor Laut (KH) I Wayan Suarjaya, A.Md., Mayor Laut (P) Sugeng Lamiyo, S.H., Mayor Laut (P) Mahpudin Asyadi Sacha, A.Pi., Mayor Laut (P) Sucipto, A.Md., Mayor Laut (K/W) Ida Dwiningsih, M.Kep., Ns., dan Mayor Marinir Augustinus Purba, S.E.

Pendidikan Susjemenstra di Lembaga Pendidikan tertinggi di TNI Angakatan Laut sejak angkatan pertama hingga angkatan ke-11 telah meluluskan sebanyak 897 orang.

Dalam amanatnya Danseskoal mengatakan antara lain bahwa perwira lulusan Susjemenstra telah berada pada level strategis yang telah memiliki tingkat kemampuan profesi yang mantap, antisipatif dan adaptif. Serta dapat mengembangkan kemampuan perencanaan yang mengedepankan prinsip-prinsip serta pertimbangan efektif dan efisien.

Untuk dapat meraih karier yang tinggi di lingkungan militer dibutuhkan kesiapan lahir dan batin melalui tiga pendekatan kecerdasan yaitu kecerdesan akal sehat, kecerdasan emosi dan kecerdasan spiritual yang harus selalu dilatih dan dikembangkan secara seimbang. Karena pendekatan pikiran tanpa dilandasi kecerdasan moral dan spiritual dapat mengarah kepada tindakan yang negatif. Sebaliknya pendekatan keimanan tanpa didukung ilmu pengetahuan dapat menyebabkan keterbelakangan, pungkasnya.

Hadir dalam acara ini Wakil Komandan Seskoal Laksamana Pertama Sulistiyanto, S.E., M.M., M.Sc., Pejabat utama Seskoal, Patun dan Dosen serta beberapa pejabat TNI AL Mabesal. Acara penutupan pendidikan diakhiri dengan tradisi penglepasan mantan Pasis menuju medan tugas. (Agus)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s