Gallery

Agus Muharram: Dunia Kini Sedang Mengalami Triple-T Revolution

BANDUNG, JURNAL IBUKOTA. COM: Sekretaris Kementerian Koperasi UKM Agus Muharram mengatakan dunia kini sedang mengalami revolusi Triple-T (Transportasi, travel dan teknologi).

“Transportasi terkait dengan mobilitas barang dari satu tempat ke tempat lain. Revolusi di bidang ini ditandai dengan berkembangnya kemampuan petikemas untuk mengangkut barang dalam kapasitas yang semakin besar,” kata Sekretaris Kementerian Koperasi UKM Agus Muharram dalam diskusi bertajuk Kebijakan dan Program Pembangunan Koperasi dan UMKM Berbasis Kewirausahaan Pemuda di SBM ITB, Bandung, Jumat (22/4/ 2016).

Menurut Agus Muharram, travel adalah mobilitas manusia satu tempat ke tempat lain. Revolusi di bidang ditandai dengan era tiket murah untuk berbagai sarana angkutan baik darat, laut maupun udara.

Sedangkan teknologi, katanya, bisa dibilang memfasilitasi mobilitas informasi dari satu tempat ke tempat lain secara cepat.

Menurut Agus, ada tiga subkultur yang memengaruhi dinamika dunia dan pasar sekarang ini, yaitu anak muda (youth), perempuan (women) dan penggiat internet (netizen).

“Merek-merek yang ingin tetap eksis di dunia sekarang harus bisa merebut hati-hati ketiga potensi pasar tersebut,” katanya.

Dia mengatakan yoouth bukan hanya Kelompok konumen berdasarkan usia saja. Ada pergeseran potensi dalam subkultur youth, karena mereka memiliki daya beli yang lebih tinggi dibandingkan dengan sebelumnya.

“Ini yang membuat mereka bisa menentukan pasar,” katanya.

Menurut Agus, women bukan hanya sebagai Kelompok berdasarkan gender. Namun ada pergulatan peran di subkultur perempuan.

“Sebelumnya perempuan hanya berperan sebagai manajer keuangan, sekarang perempuan sudah menjadi chief Financial Officer dengan financial power yang besar,” tuturnya.

Kelompok nwtizen, katanya, merupakan sebuah entitas yang sangat penting.

“Netizen adalah orang yang menggunakan internet paling sedikit tiga jam setiap hari,” tambahnya.

Menurut dia, netizen bisa menjadi ultimate advocater atau ultimate hater dari brand yang mereka gunakan.
“Tentu saja ini memberikan pengaruh yang sangat kuat karena informasi tersebut disebarkan secara luas,” ujarnya.

Menurut Agus, netizen memegang peranan penting dalam viral marketing.

Dia menambahkan berdasarkan program/ kegiatan aksi reformasi adalah meningkatkan peranan koperasi dalam Perekonomian nasional dengan peningkatan indikator kontribusi PDB dari 1,7% pada 2014 menjadi 8% pada 2019.

Agus menjelaskan reformasi koperasi terdiri dari rehabilitasi, reorientasi dan pengembangan.

Rehabilitasi, katanya, adalah pembaruan organisasi koperasi melalui pemutahiran data dan pembekuan/pembubaran koperasi.

“Kegiatan ini melalui pemutakhiran data koperasi melalui online database system (ODS), pembekuan/pembubaran koperasi dan penertiban koperasi dengan membentuk deputi pengawasan,” ujarnya.

Berikutnya reorientasi adalah mengubah paradigma dari pendekatan kuantitas menjadi kualitas. “Hal ini dilakukan dengan membangun koperasi berbasis IT, fokus pada penguatan kelembagaan koperasi dan mendorong koperasi meningkatkan jumlah anggotanya.

Selanjutnya, pengembangan bertahap dan terukur.
“Kegiatan ini mengkaji regulasi yang menghambat berkembangnya koperasi, fokus pada akses pembiayaan dan fokus kepada koperasi sektor riil yang berorientasi ekspor, padat karya dan digital ekonomi,” tambahnya.

Menanggapi pertanyaan mahasiswa School of Business and Management Institut Teknologi Bandung (SBM ITB), Sesmen mengatakan apabila ada BRI Cabang yang meminta agunan untuk pencairan Kredit Usaha Rakyat (KUR), segera laporkan ke pihaknya agar dapat segera ditegur.

“Kalau perlu telepon kami di Jakarta, lalu serahkan telepon itu ke pimpinan cabang BRI, sehingga kami bisa menegurnya secara langsung,” katanya. (Agus)

Advertisements
By jurnalibukota Posted in Ekonomi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s