Gallery

Koperasi Abdi Kerta Raharja, Koperasi Baru Lima Tahun Beromzet Rp 24 M

KABUPATEN TANGERANG, JURNAL IBUKOTA. COM: Koperasi Abdi Kerta Raharja, sebuah Koperasi yang baru berdiri sekitar 5 tahun serta berkantor pusat di kawasan Komplek Perkantoran Tigaraksa, Tangerang Kabupaten kini sudah beromzet Rp 24 Milyar, outstanding (piutang) Rp 20 M dan dalam satu minggu penyaluran pembiayaan kredit sekitar Rp 1,5 M serta simpanan anggota Rp 10 M.

Koperasi yang tiga pengurus terasnya kaum hawa ini anggotanya sudah 14.000-an dan setiap hari anggotanya bertambah. Koperasi Serba Usaha (KSU) ini mempunyai sejumlah unit usaha, yaitu unit simpan pinjam, unit pendidikan pelatihan jasa konsultan, unit perdagangan seperti jasa, umum dan lain-lain.

Wilayah kerja koperasi ini meliputi Jawa Barat, DKI Jakarta dan Banten. Sampai saat inipun sudah membuka 7 cabang yaitu di Serang, Tangerang Selatan, Bogor, Tangerang Kabupaten ada tiga cabang dan Karawaci. Karyawannya berjumlah 55 orang.

Pada Sabtu (23/1/2016), koperasi yang diketuai Hj E Farida SE MSi, Sekretaris Irni Dewi, dan Bendahara Dachlila ini menggelar Rapat Anggota Tahunan (RAT) Tahun Buku 2015 yang bertempat di Gedung Serbaguna, Komplek Perkantoran Tangerang Kabupaten. Agendanya, adalah Pertanggungjawaban pengurus dalam mengelola koperasi dan perkembangan kinerjanya sampai dengan Tahun Buku 2015 serta pembagian SHU (Sisa Hasil Usaha) kepada para anggotanya.

Menurut Ketua Koperasi Farida, koperasi ini yang paling besar usahanya di bidang Unit Simpan Pinjam disusul bidang kemudian Diklat Jasa Konsultan dan Perdagangan. Anggotanya mayoritas masyarakat berpenghasilan rendah (MBR), makanya di dalam USP ada program Gebrak Sipintar (Gerakan Berantas Kemiskinan melalui Simpanan Pinjaman tanpa agunan dan resiko).

“MBR ini apabila mereka meninggal dan masih mempunyai utang maka ditanggung asuransi,” kata Farida kepada wartawan.

Dalam menjalankan operasional, koperasi inipun karyawannya berasal dari anggota. Koperasi ini tidak pernah menerapkan biaya administrasi pembiayaan, tetapi membudayakan gotong royong melalui simpanan kebajikan yang berfungsi untuk paket C gratis dan melanjutkan sekolah bagi keluarga tidak mampu.

“Koperasi kita sampai saat ini sudah meluluskan 233 siswa paket C sampai SMU. Ini merupakan bentuk CSR kami termasuk juga memberi santunan yatim, infak dan shadaqoh,” jelas Farida.

Program Pendidikan dan latihan yang diselenggarakan Koperasi Abdi Kerta Raharja ini sudah digelar sebanyak 12 angkatan yang diikuti peserta dari seluruh Indonesia.

“Tahun ini kita akan membuka Mart di sejumlah kota dan yang pertama akan dibuka di kantor pusat,” tutur Farida.

RAT ini dibuka oleh Staf Ahli Kemenkop dan UKM bidang Hubungan Antar Lembaga Dr Ir Pariaman Sinaga mewakili Menteri Koperasi & UKM. Acara juga dihadiri perwakilan Bupati Tangerang, perwakilan Direktur LPDB, Kadiskop Prop Banten, Kadiskop Kab Tangerang, Ketua Dekopin Pusat, Ketua Dekopin Banten dan Ketua Dekopin Tangerang dan lain-lain.

Dalam sambutannya Pariaman Sinaga mengucapkan rasa harunya kepada koperasi Abdi Karya Raharja ini karena baru lima tahun tapi sudah mempunyai anggota yang sangat besar.

“Saya minta semangat ini terus dikembangkan, supaya energinya terus membesar,” pinta Pariaman.

Koperasi yang mempunyai jiwa sebagai usaha bersama, maka sudah sangat tepat untuk mengatasi berbagai masalah dalam kehidupan sehari-hari, dengan berkoperasi.

Pariaman mencontohkan, koperasi para peternak sapi di Eropa ternyata usahanya berbentuk koperasi. “Di Eropa saja yang disebut negara maju juga menggalakkan koperasi, jadi masyarakat Indonesia yang memang sudah mengenal koperasi sejak lama, mari manfaatkan koperasi ini untuk mensejahterakan para anggotanya,” harapnya.

Koperasi menurutnya juga bukan barang pinggiran, karenanya ia juga berharap agar koperasi bisa menggerakkan perekonomian masyarakat, “AKR saya harap bisa menggerakkan ekonomi bangsa ini ke depan,” pungkas Pariaman. (Agus)

Advertisements
By jurnalibukota Posted in Ekonomi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s